Toyota Corolla Cross Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 457 Juta

Mobil Baru

Toyota Corolla Cross Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 457 Juta

JAKARTA – Toyota Corolla akhirnya mengaspal di Indonesia, dengan harga permulaan yang setara dengan di Thailand. Tipe mesin konvensional maupun hybrid sama-sama dijual di negeri ini.

Seperti dijanjikan, versi sport utility vehicle (SUV) dari sedan Corolla ini meluncur secara virtual di Nusantara pada Kamis (6/8/2020) di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Ada dua tipe mesin yaitu mesin bensin 1.8-liter maupun sistem penggerak hybrid yang memadukan mesin bensin 1.8-liter dengan baterai serta motor penggerak listrik.

“Mengusung konsep Simple & Stylish with Urban Sleek Look, All-New Corolla Cross hadir dengan style elegan, pengalaman berkendara menyenangkan, dilengkapi teknologi advance dengan keunggulan SUV Toyota yang tangguh dan nilai fungsionalitas tinggi,” kata Susumu Matsuda, President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director TAM menjelaskan tipe terbawah yang bermesin pembakaran internal berbanderol on-the-road Jakarta Rp 457 juta. Angkanya sama dengan tipe terendah di Thailand, tempat model tesebut melakukan debut globalnya pada 9 Juli 2020 kemarin.

Sementara itu, tipe lain yang bermesin hybrid masih berharga on-the-road Jakarta di bawah Rp 500 juta. Corolla Cross untuk pasar Indonesia sendiri, jika melihat di dalam katalog spesifikasi dari Toyota, hanya terdiri dari dua tipe tersebut.

“Kira-kira Rp 497 juta-an. Tipe satu lagi, yang non-hybrid, harganya mulai dari Rp 457 juta-an untuk Jakarta,” tandas Anton.

Spesifikasi dan Fitur
Tipe mesin bensin Corolla Cross menggelontorkan tenaga 138 hp, dengan torsi 171,6 Nm. Sementara, total daya dari sistem penggerak hybrid mencapai 168 hp, dengan torsi hampir 305 Nm. Keduanya sama-sama menggunakan transmisi otomatis CVT.

Dimensi bodi dari SUV 5 penumpang ini sama persis dengan model untuk Thailand yaitu panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Corolla Cross diklaim memberikan ruang yang memadai antara bangku baris pertama dan kedua, termasuk ruang bahu penumpang yang lega dan nyaman dengan sumbu roda  2.640 mm. Head clearance-nya 105 mm di depan dan 87 mm di belakang.

Kapasitas bagasi diklaim lega, tanpa menyebut angka rinci. Tapi, kemungkinan, volumenya sama persis dengan di Thailand yakni 487 atau 440 liter (dengan bagasi).

Corolla Cross menggunakan platform TNGA-C yang berdampak positif pada kestabilan berkendara. Ground clearance-nya setinggi 165 mm dengan radius putar 5,2 m.

Fitur-fiturnya beragam, meski tak selengkap di Thailand. Ada Audio Steering Switch, AC Digital Dual Zone, Multi Information Display 4,2 inci, Voice Command, Sunroof, Wiper with Rain Sensor, Smart Entry, Auto Fold Mirror, serta Head Unit 9 inci dengan berbagai kemampuan termasuk NFC.

Fitur-fitur keselamatannya terdiri dari sistem pengereman ABS+EBD, 3 Pointed Seat Belt with Pretensioner and Force Limiter, 7 Airbag, Hills Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control, Emergency Brake Signal, Sensor Parkir Depan dan Belakang, Rear Parking Camera, Immobilizer, Alarm. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar