Pembalap Paling Sering Jatuh di MotoGP 2020

Berita Otomotif

Pembalap Paling Sering Jatuh di MotoGP 2020

JAKARTA – Gelaran MotoGP 2020 telah usai meskipun sempat ditunda karena pandemi covid-19, dan berikut catatan unik mengenai pembalap yang paling jatuh musim ini.

Seperti diketahui bersama bahwa musim ini, MotoGP memiliki juara dunia baru yakni Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar. Hadirnya juara baru di kelas para raja ini tidak lain karena absennya sang juara bertahan Marc Marquez.

MotoGP 2020 juga mencatat berbagai pencapaian baru salah satunya adalah delapan pemenang yang berbeda hampir di setiap serinya. Artinya tidak ada satupun pembalap yang mendominasi sepanjang musim.

Selain itu, MotoGP 2020 juga digelar hanya di benua Eropa. Karena pandemi covid yang mengancam para pembalap dan kru tim, balapan hanya berkutat di seputar Benua Biru tersebut. Bahkan beberapa sirkuit menggelar seri sebanyak dua kali.

Jumlah seri juga dipangkas menjadi 14 saja dalam satu musim. Bagian yang tidak kalah menarik adalah tidak boleh hadirnya penonton dalam setiap pertunjukkan balapan. Penonton di tribun digantikan oleh layar besar yang memperlihatkan penonton secara virtual.

Diantara semua catatan di MotoGP 2020 di atas, masih terdapat beberapa fakta menarik dan salah satunya adalah pembalap paling sering terjatuh selama satu musim. Dikutip dari Crash.net, Johann Zarco menjadi pembalap paling banyak terjatuh dalam semusim MotoGP 2020.

Dari 14 seri, pembalap asal Perancis tersebut terhitung telah jatuh sebanyak 15 kali. Catatan ini masih lebih baik daripada tahun sebelumnya saat masih berseragam KTM, Zarco mengalami 17 kali jatuh baik saat lomba, kualifikasi maupun latihan resmi.
Pembalap Paling Sering Jatuh
Di bawah Zarco, terdapat Alex Marquez dari tim Repsol Honda yang tercatat 14 kali terjatuh dari motornya. Pembalap Spanyol yang merupakan adik kandung dari Marc Marquez ini masih beradaptasi dengan Honda RC213V 

Berikut catatan pembalap yang sering terjatuh di MotoGP 2020 :

Johann Zarco 15 kali terjatuh
Alex Marquez 14 kali terjatuh
Aleix Espargaro 12 kali terjatuh
Iker Lecuona 11 kali terjatuh
Brad Binder 10 kali terjatuh
Pol Espargaro 10 kali terjatuh
Bradley Smith 10 kali terjatuh
Takaaki Nakagami 9 kali terjatuh
Francesco Bagnaia 8 kali terjatuh
Jack Miller 8 kali terjatuh
Miguel Oliveira 8 kali terjatuh

[Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar