Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Di Era Digital, Milenial Tetap Sambangi Dealer Saat Beli Mobil

Berita Otomotif

Di Era Digital, Milenial Tetap Sambangi Dealer Saat Beli Mobil

DETROIT - Transaksi online memang terbilang marak khususnya untuk milenial atau generasi muda, tapi berdasarkan studi dari Urban Science bersama Harris Poll hal fenomena tersebut belum terjadi untuk pasar mobil.

Penelitian tersebut melibatkan  2.000 pembeli dan 200 dealer. Hasil studi menunjukkan bahwa 81 persen pelanggan masih mempercayai informasi dari dealer. Kondisi ini sedikit berbeda dibandingkan 20 tahun lalu yang menunjukkan bahwa pelanggan lebih menyukai informasi dari internet daripada informasi dari dealer.

Dari jumlah tersebut, jumlah generasi muda pun ternyata mendominasi kedatangan ke dealer. Padahal selama ini, generasi muda selalu dikaitkan dengan penjualan online ketimbang datang langsung untuk melakukan transaksi.

Tercatat, rata-rata Generasi Z dan milenial muda mendatangi 3,8 dealer sebelum membeli kendaraan. Jumlah ini lebih besar ketimbang rata-rata milenial berusia lebih tua yang hanya mendatangi rata-rata 2,6 dealer,. Sementara itu generasi X mendatangi 2,4  dan Baby Boomers yang hanya mendatangi 2,1 dealer.

75 persen dari total responden pun mengaku cukup senang dengan pelayanannya sehingga bisa menjadi nilai lebih bagi dealer itu sendiri. 72 persen dari total responden juga menyukai tekanan yang ringan dari para sales dan pengetahuan dari para sales.

Menariknya lagi, dari total responden yang mengaku harus pergi ke dealer 85 persen di antaranya mengaku harus melihat mobil icarannya. 83 persen dari total responden yang mengaku harus pergi ke dealer pun mengaku bahwa mereka harus melakukan test drive.

Meski demikian, 89 persen dari total responden yang mengaku harus pergi ke dealer, mereka selalu melihat informasi mobil dari online. Review dari para test driver dinilai paling banyak mempengaruhi penilaian mereka saat test drive.

Dengan hasil penelitian ini, diharapkan dealer dapat meningkatkan perfoma dan layanannya sehingga tidak kehilangan pelanggannya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang