Masa Depan Cerah, Dealer Brand Kompetitor Banyak Beralih ke Mitsubishi

Berita Otomotif

Masa Depan Cerah, Dealer Brand Kompetitor Banyak Beralih ke Mitsubishi

JAKARTA – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyebut bahwa sedikitnya sudah ada lima dealer dari brand lain yang berubah menjadi dealer Mitsubishi.

Kelima dealer tersebut terdapat di Solo, Bekasi, Cikokol, Cempaka Putih dan Caman Kalimalang. Beragam alasan yang menjadkan mereka berpindah brand, namun Mitsubishi enggan untuk menyampaikan alasannya.

“Dari managemen dealer sebelumnya, mereka melihat prospek Mitsubishi itu akan lebih bagus ke depannya. Jadilah mereka pindah ke Mitsubishi. Banyak alasan lain tapi sebaiknya ditanyakan langsung ke menagemen dealer,” tutur Setia Hariadi, Head of 3S Network Development Dept PT MMKSI.

Ia pun menyampaikan bahwa mengubah dealer lama menjadi milik Mitsubishi sebenarnya memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah tidak perlunya melakukan pembangunan gedung dari nol sehingga investasi bisa menjadi lebih terjangkau.

“Ya itu pasti karena bangunan sudah jadi, kami cukup merenovasi saja. Tapi standar dealer tersebut juga tetap harus sesuai standard kami, peralatan juga harus distandarisasi kembali. Dan secara umum dealer juga diubah menjadi baru, jadi kalau dealer lama dari brand lain maka harus di face off semua, interiornya juga dibuat baru,” tambahnya.

Ia pun menyampaikan bahwa untuk membuat dealer baru, investasi yang dibutuhkan mencapai Rp 40 miliar untuk lokasi di Jakarta. Sementara untuk dealer yang berlokasi di di daerah luar Jakarta maka cukup dengan dana sebesar Rp 10 miliar.

“Kalau Jakarta minimal 40 Miliar sementara untuk daerah lain setingkat kabupaten dan kota sekitar Rp 10 hingga 20 Miliar. Di Jakarta harga tanah sudah tinggi sementara dealer minimal memiliki lahan seluas 2.000 meter persegi,” pungkasnya.

Salah satu dealer yang berubah brand menjadi Mitsubishi adalah dealer yang terletak di kawasan Cikokol, Tangerang. Berdiri di atas lahan seluas 4.447 m2, Mitsubishi Cikokol ini memiliki luas bangunan 6.200 m2 yang terdiri dari area showroom seluas 360 m2 dan luas area workshop 604 m2. Sementara untuk waktu operasional dealer adalah Senin – Jumat pukul 08:30 – 16:30 WIB dan Sabtu - Minggu pukul 08:30 – 14:30 WIB. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar