Pelaksanaan Tilang Elektronik akan Diperluas Hingga 19 Polda

Berita Otomotif

Pelaksanaan Tilang Elektronik akan Diperluas Hingga 19 Polda

JAKARTA – E-TLE atau yang biasa dikenal sebagai tilang elektronik dinilai efektif dalam menekan pelanggaran lalu lintas dan akan segera di terapkan di 19 Polda di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono beberapa waktu lalu. Ia menyebut bahwa Korlantas Polri siap melaksanakan kebijakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo khususnya terkait penindakan hukum dalam berlalu lintas secara elektronik ataupun digital IT.

"Bapak Kapolri kemarin menyampaikan commander wish kepada jajaran. Salah satunya adalah pelayanan publik dan penegakan hukum yang berbasis IT di bidang lalu lintas. Khususnya masalah penegakan hukum di bidang IT ini kita tindak lanjuti untuk membuat program penegakan hukum yang kita sebut ETLE," ucap Kakorlantas.

Ia pun menyebut bahwa tilang elektronik saat ini sudah diujicoba dan beroperasional di tiga Polda. Ketiga Polda tersebut adalah Polda Jawa Timur, Polda Metro dan Polda DIY. Tilang elektronik pun berhasil mengurangi pelanggaran. Hal ini karena munculnya kesadaran masyarakat akan titik itu pasti dimonitor oleh ETLE.

Tilang Elektronik
"Masyarakat cenderung tidak mau melanggar. Ini nilainya sampai turun sampai 40,4%. Ini sangat bagus." sambungnya.

Kakorlantas pun menyebut bahwa Kapolri memiliki target khusus terkait tilang elektronik khususnya pada 100 hari pertama Ia menjabat. Target tersebut adalah menerapkan tilang elektronik hingga 19 Polda dari sebelumnya hanya tiga. Untuk itu, pembangunan akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan rencana yang telah disusun.

"Harapan kita secara bertahap nanti program seratus hari Bapak Kapolri ini kita bisa capai nanti sampai target kita 19 belas Polda, secara berharap dan terus-menerus hingga semuanya di 34 kota provinsi ini terpasang. Dengan demikian penindakan hukum kita nanti terus otomatis berbasis IT dengan ETLE ini." pungkasnya.

Meski tilang elektronik berhasil menekan angka pelanggaran lalu lintas, tetap saja pelanggaran lalu lintas terus menerus terjadi. Bahkan jumlah surat tilang yang dikirimkan mencapai 800 lembar setiap harinya. Dengan peningkatan jumlah tilang elektronik diharapkan masyarakat menjadi semakin mawas diri dan disiplin dalam berkendara. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar