Tahukah Anda, Ada Ratusan Surat Tilang Elektronik Dikirimkan Setiap Hari

Berita Otomotif

Tahukah Anda, Ada Ratusan Surat Tilang Elektronik Dikirimkan Setiap Hari

JAKARTA – 600 hingga 800 surat tilang dikirimkan setiap hari oleh Kepolisian untuk para pelanggar lalu lintas.

Hal ini disampaikan oleh Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Banyaknya jumlah surat tilang tersebut dinilai efektif melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas. Tidak hanya itu, tilang elektronik juga dinilai efektif mengurangi pungli dan penyelewengan oknum anggota lalu lintas.

“Tiap hari kami mengirim surat tilang ke rumah-rumah pelanggar. Kurang-lebih antara 600 hingga 800 tilang per hari dari 53 kamera e-TLE. Dari segi transparansi ini luar biasa karena menghilangkan proses negosiasi dan sebagainya antara petugas dan masyarakat. Karena tidak ada pertemuan antara petugas dan masyarakat sehingga ini meningkatkan akuntabilitas Polri dalam hal ini Polantas dalam bekerja,” pungkas Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Tingginya efektivitas ini maka tidak heran bila Polda Metro Jaya mengajukan pengadaan hibah kamera e-TLE sebanyak 50 unit ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Nantinya kamera-kamera tersebut akan dipasang disejumlah titik termasuk jalur TransJakarta dan Jalan Tol.

Ratusan Surat Tilang Elektronik Dikirimkan Setiap hari
Dengan semakin banyaknya kamera e-TLE maka diharapkan masyarakat juga akan semakin disiplin dalam berkendara. Terlebih sudah terbukti bahwa lokasi-lokasi yang sudah terpasang kamera e-TLE, masyarakatnya menjadi lebih disiplin.

Selain itu dengan adanya kamera e-TLE di jalur busway dan jalan tol, maka pelanggaran lalu lintas akan semakin terpantau. Pasalnya, masih banyak pengendara yang menyerobot jalur TransJakarta maupun ugal-ugalan di jalan tol.

Hal ini sejalan dengan harapan calon Kapolri baru, Komjen Listyo Sigit Prabowo yang ingin Polisi Lalu Lintas tidak akan melakukan tindakan tilang lagi. Polisi lalu lintas nantinya akan lebih fokus terhadap tugas mengatur lalu lintas sehingga kemacetan yang sering terjadi bisa segera lancar.

“Ke depan, saya harap anggota lalu lintas yang turun di lapangan mengatur lalin macet tidak perlu melakukan tilang. Ini kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri khususnya di sektor pelayanan unit depan yaitu anggota-anggota di lalu lintas," terangnya saat melakukan fit and proper test di hadapan Komisi III DPR beberapa waktu lalu. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar