Patah Tulang, Marc Marquez Diperkirakan Absen Hingga 3 Bulan

Berita Otomotif

Patah Tulang, Marc Marquez Diperkirakan Absen Hingga 3 Bulan

JEREZ – Marc Marquez diperkirakan akan absen cukup lama dari ajang MotoGP 2020 setelah mengalami cidera di seri pembuka akhir pekan lalu.

Untuk diketahui, Marquez mengalami cidera patah tulang tangan kanan bagian humerus, karena sebelumnya mengalami high-side. Pembalap Repsol Honda tersebut menjalani balapan pertama MotoGP 2020 bak kesetanan.

Saat bertarung diawal lomba, Marquez sudah menunjukkan keperkasaannya dengan mengambil alih posisi terdepan. Namun Ia kehilangan grip ban depan dan tersungkur ke luar lintasan. Hebatnya Ia bisa menyelamatkan dirinya dengan menggunakan siku dan keseimbangan luar biasa saat di gravel.

Dengan ke luar lintasan, Marquez terlempar dari posisi terdepan hingga ke urutan 16. Semangat luar biasa Marquez mampu mengalahkan semua pembalap di depannya. Hingga balapan tersisa tiga lap dan Marquez sudah berada di posisi ketiga di belakang Maverick Vinales.

Saat mengintai Vinales, Marquez kehilangan grip ban belakang motornya dan mengalami high-side. Kondisi tubuhnya diperparah saat ban depan motornya menyeruduk tangannya di gravel. Hal inilah yang disebut membuat Marquez mengalami patah tulang oleh tim dokter.
Marc Marquez Cidera di Jerez

Marquez dikatakan akan menjalani operasi pada hari ini (Selasa, 21 Juli 2020). Tim dokter terlebih dahulu menstabilkan kondisi Marquez sambil memberikan obat penahan rasa sakit.

“Marc Marquez telah mengalami cidera serius, tampaknya akibat dari benturan dengan ban depan yang mengakibatkan patah tulang humerus tangan kanannya. Ini benar-benar patah tulang meskipun tidak berpindah, namun memiliki kemungkinan memberikan kelumpuhan saraf radial,” ucap Dr Mir, Spesialis Traumologi MotoGP.

Cidera ini membuat Marquez harus absen pada balapan selanjutnya yang masih di Jerez, Spanyol. Dr Charte selaku Direktur Medis MotoGP menyarankan Marquez sebaiknya istirahat hingga beberapa balapan ke depan.

“Besok Dr Mir akan pergi ke Barcelona untuk melanjutkan pengobatan, jika tidak ada berita mengenai jaringan untuk mengobati humerus dengan pembedahan. Maka kami dapat mengatakan dia (Marquez) akan balapan lagi di Brno atau Austria. Dia dapat dipastikan absen minggu depan,” tutur Dr Charte.

MotoGP Brno dijadwalkan pada 09 Agustus 2020, sedangkan MotoGP Austria digelar dua kali pada 16 Agustus dan 23 Agustus. Jika Cidera Marquez parah, maka Marquez baru kembali membalap di Misano pada September 2020. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar