Pabrik Daihatsu Buka Lagi di Tengah PSBB Demi Penuhi Ekspor

Berita Otomotif

Pabrik Daihatsu Buka Lagi di Tengah PSBB Demi Penuhi Ekspor

JAKARTA – Daihatsu akhirnya kembali membuka pabrik di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena virus Corona, setelah berminggu-minggu tak beroperasi.

Daihatsu, melalui keterangan resmi pada Senin (27/4/2020), mengumumkan bahwa pabrik-pabrik mereka di Indonesia kembali beroperasi mulai 27 April 2020. Sebelumnya, pada 10 – 24 April, seluruh fasilitas perakitan Daihatsu tutup secara temporer demi mengikuti PSBB di DKI Jakarta.

Seperti diketahui, PSBB merupakan pembatasan pergerakan dan aktivitas orang maupun kendaraan di luar rumah di suatu daerah atas izin Kementerian Kesehatan. PSBB kali ini dilakukan demi menekan potensi penularan dan penyebarluasan pandemi virus Corona.

Adapun PSBB di Ibu Kota, yang awalnya berlangsung pada 10 – 24 April, telah diperpanjang sampai 22 Mei mendatang. Daihatsu mengatakan pabrik harus kembali mereka aktifkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di masa depan.

PSBB sendiri antara lain mewajibkan sebagian besar sektor bisnis melakukan aktivitas pekerjaan dari rumah, kecuali sektor-sektor yang diatur dalam aturan. Tidak dipaparkan bagaimana pabrik Daihatsu diizinkan beroperasi kembali.

Di awal pembukaan pabrik, para karyawan dilatih terlebih dahulu menjalankan proses produksi sesuai protokol pencegahan virus Corona (Covid-19). Pelatihan juga dilakukan dengan memperhatikan protokol.

Setelah seluruh persiapan dipastikan sesuai dengan protokol Covid-19, Daihatsu akan mempertimbangkan untuk memulai kembali produksi, demi memenuhi permintaan pasar ekspor saja. Kegiatan produksi tetap akan dilakukan dengan jumlah karyawan dan jam kerja terbatas.

“Dalam kondisi pandemi Covid-19, kami akan memastikan seluruh proses produksi ADM sesuai dengan peraturan pemerintah, sehingga kesehatan dan keselamatan karyawan dapat tetap terjaga. Latihan ini diberikan sebagai komitmen Daihatsu untuk selalu mengikuti peraturan pemerintah secara maksimal,” ujar Erlan Krisnaring, Senior Executive Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Merek asal Jepang tersebut memiliki pabrik di Sunter, Jakarta serta Karawang, Jawa Barat. Pabrik Sunter berkapasitas produksi 330 ribu unit per tahun untuk dua shit, sedangkan yang berlokasi di Karawang berkapasitas 200 ribu unit. 

Di sisi lain, seluruh karyawan Daihatsu di kantor pusat di Sunter, selama periode PSBB, akan tetap bekerja dari rumah (WFH). Ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Jakarta No. 412 tahun 2020.

Tidak ada keterangan terbaru mengenai aktivitas dealer-dealer Daihatsu. Sebelumnya, diberitakan bahwa seluruh outlet mereka di daerah PSBB tutup demi taat aturan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar