Bayar di Samsat Drive-Thru Jakarta Timur Tidak Sampai 2 Menit

Berita Otomotif

Bayar di Samsat Drive-Thru Jakarta Timur Tidak Sampai 2 Menit

JAKARTA – Membayar pajak kendaraan cukup membutuhkan waktu kurang dari 2 menit saja di Samsat Drive Thru Jakarta Timur, namun perhatikan semua syarat dan ketentuannya.

Pihak Kepolisian memang telah memberikan sejumlah kemudahan bagi wajib pajak untuk membayar pajak. Dan Layanan Drive Thru di Samsat Jakarta Timur memiliki keistimewaan sendiri yaitu kecepatan dalam pelayanan.

Hal ini kami buktikan sendiri saat mencoba layanan ini beberapa waktu lalu. Berdasarkan waktu yang kami hitung, sejak memasukkan berkas di loket pertama hingga proses pembayaran selesai tidak membutuhkan waktu lebih dari 2 menit. Namun bila dihitung dari pertama kali mengantri hingga memasukkan STNK kembali ke dompet maka dibutuhkan waktu sekitar 12 menit.

Untuk mendapatkan layanan ini, ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh para wajib pajak. Berkas asli seperti KTP, BPKB, STNK dan SIM harus dibawa. Kemudian layanan ini tidak melayani kendaraan yang sudah diblokir.

Selanjutnya, layanan Drvie thru hanya akan melayani pemilik kendaraan sesuai dengan identitas yang ada pada STNK (tidak dapat diwakilkan). Kemudian kendaraan yang STNKnya hendak diperpanjang harus hadir.

Jika semua itu sudah terpenuhi maka wajib pajak bisa langsung ikut dalam antrian. Pada loket pertama, semua berkas akan diminta. Pada loket ini, pengendara akan dimintai SIM mereka dan disesuaikan dengan nama pemilik kendaraan. Bila tidak sesuai, maka akan diperiksa kembali apakah pemilik kendaraan hadir atau tidak. Bila hadir, maka proses akan dilanjutkan ada loket kedua.

Pada loket kedua, wajib pajak hanya membayar sesuai dengan kewajibannya. Setelah itu semua berkas akan dikembalikan dan proses pembayaran selesai. Diharapkan agar wajib pajak tidak merapikan berkas di depan loket agar tidak mengganggu antrian di belakangnya.

Cepatnya layanan ini pun membuat antrian kendaraan tidak terlalu padat sehingga waktu yang dibutuhkan dalam pembayaran pajak terbilang cepat. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar