Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lebih Cepat Melalui Samsat Drive Thru

Berita Otomotif

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lebih Cepat Melalui Samsat Drive Thru

JAKARTA – Membayar pajak kendaraan bermotor kini lebih cepat dengan menggunakan fasilitas Samsat Drive Thru, persiapkan kelengkapan dokumen sebelum menuju loket.

Kata-kata tersebut memang terbukti kebenarannya di Samsat Drive Thru Jakarta Timur. Saat Mobil123.com mendatangi lokasi tersebut, jumlah antrian pemotor tidak terlalu padat, hanya sekitar empat sampai lima motor saja. Sementara untuk antrian kendaraan roda empat justru lebih sepi karena tidak perlu mengantri.

Samsat Drive thru terdiri dari dua loket. Di loket pertama berkas berupa STNK asli, KTP asli, BPKB asli dan SIM asli ditanyakan petugas. Bagi yang menggunakan helm full face diharapkan untuk membuka helm agar memudahkan pemeriksaan petugas. Berkas seperti SIM akan dikembalikan dan wajib pajak menuju ke loket dua.

Loket dua adalah loket pembayaran dan penyerahan berkas pemilik kendaraan. Di loket ini, wajib pajak hanya melakukan transaksi pembayaran saja dan mengambil berkas yang diserahkan di loket sebelumnya.

Total waktu yang kami butuhkan untuk membayar pajak melalui Samsat Drive Thru ini hanya 2 menit dan 12 detik. Waktu tersebut kami hitung mulai dari kami tiba di loket pertama hingga keluar dari antrian di loket dua.

Selain waktu yang lebih singkat, Samsat Drive Thru juga memberi beberapa keuntungan lain. Salah satunya adalah tidak perlunya wajib pajak untuk membawa fotocopy berkas seperti STNK dan BPKB. Petugas hanya meminta berkas asli untuk ditunjukkan.

Sayangnya, tidak semua kendaraan bisa dilayani di Samsat Drive Thru. Selain harus membawa sejumlah berkas, ada syarat lain yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah tidak melayani kendaraan yang blokir. Syarat kedua adalah hanya melayani pemilik kendaraan sesuai dengan identitas yang ada pada STNK (tidak dapat diwakilkan). Terakhir, kendaraan sesuai dengan dengan identitas yang ada pada STNK wajib hadir.

Layanan Samsat Drive Thru ini buka Senin sampai Jumat mulai dari pukul 8.00 – 14.00. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support