New Hyundai Tucson 2021, Perjudian pada Modernisasi Tampilan

Mobil Baru

New Hyundai Tucson 2021, Perjudian pada Modernisasi Tampilan

JAKARTA - New Hyundai Tucson 2021 hadir dengan tampilan berani dan radikal. Kesannya terlihat modern, namun apakah disukai oleh publik serta mampu menjadi penantang serius untuk Honda CR-V atau bisa bersaing dengan pendatang baru Corolla Cross?

Hyundai Motor Company akhirnya meluncurkan New Hyundai Tucson 2021 secara virtual 15 September 2020. Dan seperti bocoran gambarnya beberapa waktu lalu yang juga sudah diberitakan Mobil123.com, evolusi tampilan benar-benar terjadi di model mobil generasi 4 Hyundai Tucson.

First impression pada new Hyundai Tucson 2021 tentu terfokus pada desainnya yang boleh dibilang radikal. Para desainer Hyundai di bawah komandao Sang-Yup Lee yang merupakan Head of Hyundai Styling dipastikan menterjemahkan bahasa desain Hyundai dengan tema ‘Sensuous Sportiness’.

Secara umum ini bisa diartikan sebagai realisasi sebuah harmonisasi dari proporsi, arsitektur, gaya dan teknologi. Semuanya dikemas dalam konsep tampilan modern yang unik sebagai pondasi dasar Hyundai di masa depan.

New Hyundai Tucson 2021, Perjudian pada Modernisasi Tampilan
Konsep dasar ini hadir langsung pada "Wow Factor" ekterior New Hyundai Tucson 2021 melalui parametic hidden lights. Ini menjadi evolusi terkini dimana membuat headlamp tampak ekslusif tersamar di balik pola geometris gelap dan jujur saja ini menjadi sesuatu yang baru serta tampak modern.

Pola-pola geometris dengan sudut-sudut tegas ini mengalir juga ke bagian sisi kiri-kanan Hyundai Tucson 2021. Tampak dari permukaan pada kedua siinya plus lengkungan rumah rodanya.

Desain yang boleh dibilang eksperimental, radikal dan modern ini juga mendarat mulus pada bagian buritan. Dapat dicermati melalui desain lampu belakang split, wiper belakang yang letaknya tersamar di bawah spoiler,badge Hyundai pada bagian kaca dan sepaket diffuser plus bumper dengan garis agresif.

Dan sebagai pelengkap tampilan ekterior, kabarnya New Tucson 2021 akan ditawarkan dengan 7 pilihan warna. Mulai dari White Cream, Phantom Black, Shimmering Silver, Nocturne Grey, Amazon Grey, Flame Red, dan Intense Blue.

Pertanyaannya, apakah publik otomotif dunia akan mudah menerima dan senang dengan tampilan terbaru Tucson, atau malah menyebutnya sebuah SUV bermuka aneh? Perlu waktu untuk menjawabnya.

New Hyundai Tucson 2021, Perjudian pada Modernisasi Tampilan
Bergerak ke dalam kabin, gaya-gaya desain radikal yang modern pada eksterior tentu tembus pada interior. Pandangan mata tentu terfokus pada desain dasbor, fasia tengahnya tampak berorientasi vertikal kemudian mengalir turun ke konsol, para desainer menyebut flow atau desain ini mengalir seperti sebuah air terjun. Cukup impresif dan mencerminkan sebuah mobil masa depan. 

Masih pada bagian depan interior, terdapat sistem infotainment layar sentuh 10,25 inci yang tampak mendominasi serta cluster meter digital. Hyundai juga telah melepas kenop serta tombol tradisional untuk AC dan sistem pemanas.

New Hyundai Tucson 2021, Perjudian pada Modernisasi Tampilan
Sistem infotainment new Hyundai Tucsin 2021 sudah pasti bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto, punya opsi untuk menghubungkan dua perangkat Bluetooth sekaligus. Tucson baru juga dilengkapi dengan aplikasi NFC untuk membuka dan mengunci, ini memungkinkan pemilik  menyalakan mesin serta AC dari jarak hingga 20 meteran.

Masih pada interior, Hyundai juga merancang sistem pencahayaan ambient mood lighting system yang diposisikan di bagian tengah. Sistem ini menawarkan 64 warna yang dapat dikonfigurasi serta memiliki 10 level atau tingkat kecerahaan.

Lainnya, new Hyundai Tucson 2021 juga memiliki jok baris kedua yang dapat dilipat rata denga ruang bagasi. Ini tentu memberikan nilai ergonomika plus, di mana selain bisa menempatkan penumpang dengan nyaman, bisa beralih menjadi ruang yang besar untuk membawa barang. Hyundai menyebut kapasitasnya mencapai 1.095 liter jika jok baris kedua dilipat rata dengan ruang bagasi.

Beralih ke urusan sistem penggerak, new Hyundai Tucson 2021 akan dilengkapi dengan sedikitnya 9 varian mesin. Terbagi menjadi 4 mesin bensin, 3 mesin diesel dan 2 mesin mild hybrid.

4 pilihan mesin bensin diataranya adalah 1.6 T-GDI bertenaga 178 hp dan 1.6 T-GDI 48V bertenaga 178 hp. Serta mesin berkapasitas 2.0-liter 154 ho dan 2,5 GDi 188 hp.

Untuk 3 pilihan mesin diesel adalah 1.6 VGT bertenaga 134 hp, 1.6 VGT 48 V 134 hp dan 2.0 VGT bertenaga 186 hp. Kemudian untuk 2 mesin mild hybrid berkapasitas 1.6 liter turbocharged masing-masing 1.6 T-GDi HEV bertenaga 227 hp. Dan 1.6 T GDi PHEV bertenaga 262 hp.

New Hyundai Tucson 2021, Perjudian pada Modernisasi Tampilan
Terakhir, Hyundai Motor Company telah mengkonfirmasi bahwa new Hyundai Tucson 2021 akan mulai dijual di Korea pada bulan September. Dan secara global, mungkin juga di jual di Indonesia pada paruh pertama 2021.

Apakah mungkin new Hyundai Tucson 2021 akan dirakit di Indonesia?. Mengingat pembuatan fasilitas pabrik yang dilakukan Hyundai Indonesia tergolong memiliki kapasitas besar dan memiliki kemampuan untuk merakit model-model terkini dari Hyundai.

Nantikan kabar selanjutnya dari new Hyundai Tucson 2021 hanya di Mobil123.com. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar