MTF Jelaskan Syarat untuk Dapatkan Restrukturisasi Kredit Kendaraan

Berita Otomotif

MTF Jelaskan Syarat untuk Dapatkan Restrukturisasi Kredit Kendaraan

JAKARTA – Mandiri Tunas Finance jelaskan kriteria atau syarat dan cara konsumennya untuk mendapatkan restrukturisasi kredit kendaraan atau penundaan pembayaran cicilan.

Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia telah menegaskan bahwa masyarakat yang terdampak dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) akan dibantu semaksimal mungkin. Salah satu bantuan tersebut adalah dengan memberi kesempatan masyarakat untuk restrukturisasi atau menunda pembayaran cicilan mereka. Namun bukan berarti seluruh masyarakat yang mengajukan restrukturisasi bisa langsung merasakan manfaatnya.

Hal ini disampaikan oleh Arif Reza Fahlepi, Corporate Secretary & Legal Compliance Division Head PT MTF. Ia menegaskan bahwa masyarakat yang ingin mendapatkan restrukturisasi harus memenuhi beberapa persyaratan.

“Program ini diprioritaskan untuk konsumen yang terdampak oleh Covid-19 seperti UMKM atau pariwisata. Nanti mereka mengajukan ke bank yang memberikan pinjaman, salah satunya adalah MTF. Mereka tinggal download formulirnya dan ajukan pada kami,” terangnya.

Setelah itu, permohonan tersebut akan ditindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan apakah memang sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Jenis pinjaman yang diambil juga diperiksa, apakah pinjaman perorangan atau perusahaan.

“Misal seseorang bekerja di sebuah hotel. Selama Covid-19, yang menginap di hotel menurun drastis. Akibatnya tunjangan karyawan dihilangkan. Padahal dari tunjangan tersebut dia bisa mencicil kendaraan. Karyawan tersebut bisa dikategorikan orang yang bisa mendapat restrukturisasi,” terangnya.

Demikian juga masyarakat yang mengambil kredit kendaraan untuk dijadikan taksi online. Langkah yang bisa dilakukan juga tidak jauh berbeda, namun pemeriksaannya sedikit lebih teliti dibandingkan karyawan biasa.

“Kalau ini harus diperiksa apakah ketika Ia mengambil cicilan memang untuk taksi online atau bukan. Kalau memang sejak awal Ia mengatakan untuk taksi online, maka bisa mendapatkan program ini. Tapi kalau pengajuan di awal bukan untuk taksi online, kemudian dia keluar dari pekerjaan untuk menjadi taksi online maka akan periksa lebih detail lagi. Sudah berapa lama dia menjadi taksi online dan sebagaginya,” terangnya.

Untuk mendapatkan restrukturisasi seperti ini, masyarakat cukup mengisi formulir yang sudah disediakan oleh perusahaan pembiayaan. Kemudian masyarakat melengkapi beberapa persyaratan seperti KTP, Kartu Keluarga serta foto dengan unit kendaraannya. Proses ini hanya akan memakan waktu sekitar tujuh hari. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar