Ini Dia Model Baru Toyota yang akan Diluncurkan Pekan Depan

Berita Otomotif

Ini Dia Model Baru Toyota yang akan Diluncurkan Pekan Depan

JAKARTA - Model baru kedelapan Toyota Indonesia pada tahun ini akhirnya terungkap melalui undangan peluncuran yang dikirim pada Kamis (5/9/2019).

Toyota terkonfirmasi bakal meluncurkan All-New Corolla Altis. Adapun waktunya adalah Kamis (12/9/2019) di sebuah tempat di bilangan Jakarta Selatan.

“Undangan - All New Corolla Press Conference,” demikian tertulis pada subyek surat elektronik.

Persis sehari sebelumnya, Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) melalui pesan singkat sudah membeberkan bahwa bakal ada informasi peluncuran dalam waktu dekat. Ia bahkan mengatakan surat undangannya ‘sudah ia tandatangani’ dan tinggal dikirimkan ke rekan-rekan media massa.

Berdasarkan catatan Mobil123.com, Corolla Altis generasi sebelumnya meluncur pertama kali di Nusantara pada 2014. Kemudian, pada 2017, agen pemegang merek Toyota di Indonesia memperkenalkan versi facelift-nya.

Generasi terkini Corolla Altis sendiri sebelum ini sudah terlebih dahulu mengaspal di Thailand pada awal September 2019. Corolla generasi ke-12 tersebut dilaporkan sudah menggunakan platform termutakhir Toyota yakni TNGA (Toyota New Global Architecture). Sebelumnya, ada dua model yang dibangun di atas platform tersebut yakni Prius plus C-HR.

Secara dimensi, All-New Corolla Altis mempunyai panjang 4.640 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.435 mm. Ukurannya lebih panjang 10 mm, lebih lebar 5 mm, tapi lebih pendek 45 mm.

Spesifikasi mesin yang akan diboyong ke Indonesia belum jelas. Sedan pesaing Honda Civic tersebut punya beberapa opsi mesin bensin. Ada 1.6-liter dan 1.8-liter yang dipasangkan dengan transmisi otomatis Continuously Variable Timing (CVT).

Terdapat pula pilihan mesin hybrid yang memadukan mesin bensin 1.8-liter dengan motor penggerak listrik serta baterai ion-lithium.

Selama Januari - awal September 2019, Toyota telah menerjunkan tujuh model baru di Nusantara. Model-model tersebut adalah All-New Camry (Januari), Avanza facelift (Februari), C-HR hybrid (April), Supra, Fortuner TRD Sportivo minor change, HiAce Premio (Juli), dilanjutkan dengan Sienta facelift (September).

Soerjopranoto mengungkapkan masih bakal ada dua hingga tiga model lagi yang menunggu giliran. Dua di antaranya telah terungkap yakni All-New Corolla Altis lalu Prius PHEV. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar