Mobil Otonom Buat Industri Periklanan Raup Pendapatan Triliunan Dollar

Berita Otomotif

Mobil Otonom Buat Industri Periklanan Raup Pendapatan Triliunan Dollar

Amerika Serikat – Mobil otonom, yang membuat orang-orang di dalamnya tak perlu lagi mengemudi, diprediksi akan membawa berkah bagi penyedia konten, layanan, plus industri periklanan.

Mobil otonom bukan lagi sebuah imajinasi. Semua pabrikan, bahkan perusahaan-perusahaan teknologi ternama seperti Google kini gencar melakukan riset dan menguji kendaraan dengan teknologi otomatisasi pengemudian tersebut.

Era mobil otonom juga bakal terjadi dalam waktu tak terlalu lama. Pasalnya, para produsen mobil ternama sudah ada yang menetapkan target untuk merilis mobil otonom level 4 yang benar-benar tidak lagi memerlukan campur tangan atau intervensi manusia dalam segala situasi. Misalnya saja Renault yang menargetkan untuk memproduksi massal mobil otonom level 4 pada akhir 2022.

Sebuah riset dari UBS dikabarkan telah memperkirakan bahwa pendapatan yang terkait dengan mobil otonom di Amerika Serikat (AS) akan mencapai 2,3 triliun dollar AS pada 2030, atau setara sekitar Rp 32,65 kuadriliun dengan kurs saat ini. Sebanyak 70 persen di antaranya diramalkan datang dari bisnis ‘menjual pengalaman’ bagi para mantan pengemudi di mobil otonom.

Peluang meraup untung paling banyak dimiliki bisnis terkait layanan taksi online. Uber, Lyft, atau agensi perjalanan yang menghubungkan turis dengan taksi online otonom secara total diproyeksikan memiliki pendapatan 1,2 triliun dollar AS, sekitar Rp 17,03 kuadriliun di antaranya.

Kesempatan terbesar kedua dipunyai oleh para penyedia layanan, aplikasi, konten, plus agensi periklanan. Mereka semua secara akumulatif diprediksi mempunyai pemasukan 472 miliar atau Rp 6,70 kuadriliun terkait mobil otonom. UBS menilai Alphabet, induk perusahaan Google, dapat menikmati 60 persen di antaranya dengan segala sumber daya yang mereka punya perihal konten, aplikasi, periklanan, hingga peranti lunak. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar