Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tahun Depan, Mobil Otonom Menjadi Taksi Online

Berita Otomotif

Tahun Depan, Mobil Otonom Menjadi Taksi Online

SAN FRANCISCO - General Motors (GM) tengah mempersiapkan ribuan unit mobil otonom Chevrolet Bolt untuk menjadi armada tes pada tahun 2018.

Dilansir dari Carscoops, mobil otonom Bolt akan hadir sebagai bagian dari kerjasama dengan taksi online Lyft. Kerjasama ini sekaligus menjadi pengetesan mobil otonom terbesar sebelum tahun 2020.

Kabarnya, mobil otonom yang digunakan Lyft akan digunakan pada beberapa negara bagian. Pada tahap ini, masih belum ada niat dari GM untuk menjual mobil otonom Bolt ke pemilik perseorangan.

GM pun menolak untuk memberikan alasan mengapa pihaknya belum mau meluncurkan mobil otonomnya pada masyrakat luas. Meski demikian, mereka tidak mengelak bahwa pihaknya akan meluncurkan mobil otonom lebih cepat dari rencana.

“Kami tidak menyediakan spesifikasi detail pada produk kami di masa depan ataupun teknologi yang akan kami luncurkan. Kami hanya menyatakan bajwa AV technology kami mungkin akan hadir seiring dengan kebutuhan dari taksi online,” ungkap GM.

Hingga tahun lalu, GM telah menguju sekitar 40 mobil otonom Bolt di jalan-jalan San Francisco dan Scottdale, Arizona.

Taksi online di Indonesia
Bila di Amerika teknologi taksi online semakin maju, di Indonesia justru sebaliknya. Indonesia masih bergelut dengan aturan terkait boleh tidaknya penggunaan mobil di bawah 1.300 cc untuk menjadi armada taksi online.

Baru-baru ini, Pemerintah mencoba untuk melakukan uji publik atas revisi PM 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek di Jakarta. Uji publik ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan serta tanggapan dari masyarakat dan pihak terkait sebelum nantinya payung hukum ini ditetapkan.

Uji publik sendiri merupakan salah satu tahapan sebelum regulasi ditetapkan. Pemerintah meminta masukan dari berbagai lapisan masyarakat, antara lain akademisi, komunitas, organisasi, LSM, dan stakeholder terkait. Masukan tersebut dihimpun, dibahas bersama untuk kemudian dijadikan bahan dalam penyempurnaan regulasi. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang