Nissan dan DeNA akan Ujicoba Taksi Otonom

Berita Otomotif

Nissan dan DeNA akan Ujicoba Taksi Otonom

YOKOHAMA – Easy Ride, taksi online bermobil otonom hasil kerjasama Nissan dan DeNA akan segera dilakukan ujicoba di Jepang.

Mobil ini rencananya akan diluncurkan pada 5 Maret  2017 di Minatomirai, Yokohama. Dalam perluncuran tersebut, penumpang dapat melakukan perjalanan sejauh 4,5 km dari kantor Nissan ke Yokohama World Porters shopping center.

Untuk mengatasi padatnya jalan di Yokohama, Nissan Leaf yang digunakan akan dilengkapi dengan enam buah laser scanners, 14 kamera dan radar system. Semua informasi dari sensor-sensor tersebut akan diproses pada komputer berteknologi tinggi yang dapat membuat mobil berkendara sendiri untuk menghindari rintangan seperti pejalan kaki dan pengendara lain.

Salah satu keunggulan dari Easy Ride adalah adanya in-car tablet yang mampu memberi masukan pada penumpang. Sistem tersebut bahkan mampu menyediakan kupon untuk restoran atau toko terdekat dari lokasi.

Nissan dan DeNA akan mempelajari terkait apakah pengendara menyukai dan menggunakan kupon yang disediakan. Mereka juga akan meminta pendapat pelanggan seberapa banyak mereka mau membayar untuk menggunakan Easy Ride. Hasil dari studi ini akan menjadi acuan saat robo-taxi beroperasi secara penuh awal 2020an.

Pengembangan ini tentu merupakan sebuah tantangan bagi taksi online yang saat ini menjadi menguasai pasar seperti Uber. Untuk meghadapi itu, Uber pun melakukan inovasi dengan memesan 24 ribu unit mobil otonom dari Volvo untuk pasar mereka di Amerika Serikat. Ini menunjukkan bahwa pertempuran taksi online di masa depan akan menggunakan mobil otonom. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support