Mobil Aneh ini Ternyata Leluhur Porsche 911

Berita Otomotif

Mobil Aneh ini Ternyata Leluhur Porsche 911

CALIFORNIA - Mereka yang bukan penggila Porsche atau mobil sport sejati pasti tak akan menyangkanya sebagai Type 64, sebuah mobil yang paling bersejarah bagi pabrikan tersebut.

Pada 15 Agustus mendatang, menurut Carscoops pada awal pekan ini, RM Sotheby’s Monterey, California bakal melelang Type 64 terakhir yang masih tersisa di dunia. Ini  model pertama yang dibuat oleh Porsche dan pernah menjadi kendaraan pribadi dari sang pendiri pabrikan, Ferdinand dan Ferry Porsche.

Awalnya, kedua orang ini ingin menciptakan versi lebih ringan dan lebih cepat dari KdF-Wagen--versi orisinil dari Volkswagen Beetle. Kendaraan tersebut dimaksudkan untuk terjun dalam The Berlin-Rome Road Race pada September 1939, yang kemudian batal dilaksanakan.

Keduanya lalu memberikan tugas itu pada tim yang pada masa mendatang juga membuat Porsche 356. Tiga unit Type 64 lalu tercipta.
Type 36 menggunakan mesin serta suspensi yang sama dengan VW Type 1. Meski demikian, pada area-area lain keduanya sangat berbeda.

Pembuatan sasis maupun penyatuan bodi alloinya menggunakan teknologi pesawat terbang zaman Perang Dunia II. Mesin berpendingin udara yang dipasang mampu menghasilkan tenaga 32 hp.

Ketika unit pertama selesai dibuat, perang secara resmi dideklarasikan dan model ini akhirnya menjadi properti dari German Labor Front.

Ferry Porsche tidak putus asa dengan kondisi itu dan tetap membuat unit-unit selanjutnya. Unit ketiganya sendiri diciptakan dari sasis unit pertama yang mengalami kecelakaan saat dikendarai oleh Managing Director VW di era tersebut pada Juni 1940.

Inilah yang kemudian digunakan sendiri oleh Ferdinand maupun Ferry Porsche sebagai kendaraan keluarga mereka dalam berbagai kesempatan. Pada 1944 hingga 1948, perusahaan pindah ke Gmund, Austria dan dua unit Type 64 tersisa turut diboyong.

Sayangnya, hanya unit ketiga yang mampu bertahan dari perusakan-perusakan yang terjadi selama perang.

Ferry Porsche lalu menaruh huruf ‘Porsche’ pada ujung fascia depan ketika ia meregistrasikan Type 64 di Austria pada 1947. Mobil ini lalu sempat direstorasi oleh Pinin Farina muda sekitar setahu setelahnya.

“Tanpa Type 64, tidak bakal ada Porsche 356, 550, 911. Mobil ini adalah cerita awal Porsche, permulaan legenda pabrikan, dan karena itu menawarkan kepada para kolektor kesempatan menduduki jok kursi yang pernah diduduki Ferdinand maupun Ferry Porsche. Pemilik baru mobil ini tidak hanya akan diundang untuk hadir di baris pertama setiap acara Porsche, mereka sudah ada di baris pertama sejarah Porsche!,” ucap Marcus Gorig, Car Specialist RM Sotheby’s. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support