Anda Minat? Mobil Karatan ini Dibanderol Lebih dari Rp 1 Miliar

Berita Otomotif

Anda Minat? Mobil Karatan ini Dibanderol Lebih dari Rp 1 Miliar

NEW YORK - Mobil karatan yang di jual di eBay ini adalah Porsche 356 Coupe tahun 1952, merupakan mobil pertama  produksi Porsche dan memiliki sejarah menarik tentunya.

Untuk diketahui, sportscar ini pertama kali diproduksi oleh perusahaan Austria Porsche Konstruktionen GesmbH (1948–1949) dan kemudian dilanjutkan perusahaan Jerman Dr. Ing. h. c. F. Porsche GmbH (1950–1965). Porsche 356 tahun 1952 ini masuk dalam generasi pertama diproduksi 7.627 unit pada kurun waktu 1948-1955.

Pertanyaannya, layakkah baderol $ 82.500 atau sekitar Rp 1.170 miliar dalam kondisi mobil sedemikian parahnya?

Usut punya usut ternyata ada secercah harapan jika Anda membelinya kemudian melakukan restorasi. Karena dalam kondisi baik, Speedster ini dengan mudah terjual dikisaran $ 200 ribu atau hampir Rp 3 miliar.


Menelisik lebih lanjut, dalam keterangannya, pemilik Porsche 356 karatan sudah mendapatkannya sejak awal 1970-an. Di jamannya, mobil ini dicat warna indentik Porsche yakni fish silver grey dengan semburan aksen warna biru.

Sayang entah kenapa mobil ini tampak diabaikan. Kondisinya kini sangat menyedihkan, berkarat dan pastinya jauh dari kasih sayang.

Karat menyelimuti setiap jengkal interiornya hingga velg. Beberapa perangkat asli mulai dari lampu belakang dan lambang Porsche sudah hilang.


Kondisi ini kemudian tembus hingga ke dalam interior. Karat mendominasi bagian lantai, pintu hingga hampir setiap jengkal kabin. 

Dari sini sudah tampak PR besar menghadang siapa saja yang ingin melakukan restorasi ke kondisi semula. Pekerjaan panjang, melelahkan dan memakan waktu serta biaya besar.

Selain bodi dan struktur mobil, pekerjaan besar juga menanti untuk membuat mesin dan sistem penggerak kembali bekerja normal. Namun pada titik ini, banyak builder yang kemudian mengganti bagian mesin dengan versi modern untuk proyek restorasi kendaraannya.


Tujuannya agar meski memiliki tampilan klasik, namun mobil dapat digunakan sebagai kendaraan harian dan berfungsi layaknya kendaraan modern. Bagian-bagian yang diperbaharui biasanya mesin dan transmisi secara keseluruhan, sistem pengereman, sistem suplay bahan bakar hingga penambahan turbocharger.

Jika Anda berminat, hingga berita ini diturunkan, mobil ini masih belum menemukan pemilik baru. Mungkin banyak yang masih menghitung-hitung, terutama mendapatkan perangkat asli dalam kondisi baru atau NOS (New Old Stock). [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support