Mobil Culun Berbentuk Rumah Ini Tidak Gentar Ditantang Drag Race

Berita Otomotif

Mobil Culun Berbentuk Rumah Ini Tidak Gentar Ditantang Drag Race

LONDON - Anda boleh berbangga jika sudah punya mobil sendiri. Tapi, sebuah mobil berbentuk rumah di Inggris mungkin akan mengalahkan si roda empat kesayangan Anda dalam ajang drag race.

Ada mobil-mobil yang sudah kencang dari lahir dan berbentuk memukau. Contohnya banyak sekali, misalnya saja Nissan GT-R, Toyota Supra, hingga supercar seperti Bugatti La Voiture Noir atau Bugatti Centodieci.

Tapi, ungkapan ‘jangan menilai buku dari sampulnya saja’ bisa terjadi di dunia otomotif. Kadang, kejadiannya juga sangat unik dan bikin geleng-geleng kepala.

Seperti saat mobil berbentuk rumah, seperti terlihat dari video unggahan akun YouTube VeeDubRacing beberapa waktu lalu, mengikuti drag race Santa Pod Raceway di ‘Negeri Ratu Elizabeth’. Dari sisi tampilan, tentu saja kendaraan tersebut sangat culun dan amat tidak aerodinamis.

Penampakannya seperti sebuah rumah berwarna coklat kecil yang terbuat dari kayu dan dikasih mesin plus roda di bawahnya saja. Dari depan, Anda bisa juga melihatnya mirip dengan mobil-mobil es krim yang kerap terlihat di film-film barat garapan Hollywood.

VW Passat dan Audi RS4
Tapi ternyata penampilannya amat menipu.Ia berhasil menang melawan Vauxhall Astra H.

Waktu tempuh sejak garis mula hingga finis mencapai 15,495 detik. Adapun kecepatan yang tercatat adalah 139,5 km/jam. Lawannya, di sisi lain, meraih waktu tempuh 16,037 detik.
Selidik punya selidik, spesifikasi teknisnya memang ciamik. Mobil berbentuk rumah ini dua dekade lalu adalah sebuah Volkswagen Passat.

Entah apa alasannya, sang pemilik merombaknya secara radikal menjadi berbentuk hunian. Kendati begitu, mesinnya diganti menjadi 4.2-liter V8 milik Audi RS4.

Tak hanya menurunkan mesin, sistem penggerak empat roda Quatro milik Audi juga disematkan. Gelontoran daya bisa mencapai 450 hp, dengan kecepatan puncak lebih dari 165 km/jam.

Dengan kemampuan secakap itu, jangan heran jika mobil Anda kalah ketika diadu dengannya. Kecuali kalau memang yang ada di garasi Anda adalah mobil sport mahal. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar