Splinter, Mobil Sport Berbahan Kayu yang Bisa Berlari Kencang

Mobil Baru

Splinter, Mobil Sport Berbahan Kayu yang Bisa Berlari Kencang

JAKARTA - Kayu pernah menjadi bahan yang umum digunakan di mobil, tapi hari ini Anda mungkin akan lebih mudah menemukan mobil kayu dalam kotak mainan. Tapi jangan anggap mobil ini adalah mobil mainan, sebab mobil berbahan kayu ini benar-benar sebuah mobil sport yang bisa ngebut.

Ya, inilah Splinter, sebuah mobil sport performa tinggi yang membutuhkan lima tahun pengerjaan. Mesinnya saja menggunakan mesin Chevrolet LS7 yang bertenaga 700 hp.

Tubuhnya hampir seluruhnya terbuat dari komposit kayu bersama pelek yang juga berbahan kayu. Splinter sendiri dikembangkan oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Joe Harmon sebagai proyek pascasarjana di North Carolina State University.

"Telah menjadi mimpi saya untuk merancang dan membangun mobil sendiri sejak saya masih kecil. Kayu memberikan tantangan tambahan yang kami pikir mungkin menjadikan proyek menjadi menarik," jelasnya.

Tantangan membangun mobil ini selain pembentukan tubuh dan komponennya juga terjadi ketika mengombinasikan bahan kayu dengan komponen non-kayu.

Dengan bahan-bahan yang tak biasa, titahnya sebagai  mobil sport tetap menjadikan mobil berbobot 1.360 kg ini tetap bisa berlari kencang. Harmon mengklaim kalau mobilnya ini di atas kertas bisa melaju sampai 386 km/jam walau uji jalan belum dilakukan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support