Baju Balap Mendiang Ayrton Senna di Formula One Bakal Dilelang

Berita Otomotif

Baju Balap Mendiang Ayrton Senna di Formula One Bakal Dilelang

MONACO – Rumah lelang RM Sotheby’s bakal menjual baju balap legenda Formula One (F1) Ayrton Senna kepada penawar tertinggi, Mei mendatang.

Baju balap tersebut, akan dilelang di Grimaldi Forum, Monte Carlo, Monaco pada 12 Mei. Pakaian berwarna kuning itu dikenakan Senna di F1 musim 1987, musim terakhirnya bersama tim Lotus.

Pebalap asal Brasil ini sendiri bergabung di Tim Lotus selama tiga musim, sebelum pindah ke tim McLaren dan merebut gelar juara dunia F1 perdananya. Selama kariernya, Senna berhasil merebut tiga titel juara dunia bersama tim McLaren hingga pindah ke tim Williams pada 1994. Di tahun yang sama, ia mengalami kecelakaan tragis di Grand Prix San Marino yang merenggut nyawanya.

Lebih lanjut, baju balap yang segera dilelang dalam beberapa bulan ke depan itu dipakai Senna antara lain ketika naik podium di Grand Prix Monaco untuk pertama kalinya. Lelaki yang terkenal dengan gaya membalap berani dan penuh risiko ini selama terjun di F1 mampu memenangkan Grand Prix Monaco sebanyak enam kali.

Ia menjadi pebalap paling banyak menang di sirkuit sempit dan sulit tersebut sampai detik ini. Dan keterangan pada sertifikat keaslian juga memberitahukan bahwa ia memakainya saat tujuh kali naik podium pada 1987.

Baju balap tersebut sempat diberikan Senna kepada saudara laki-laki dari fisioterapisnya, yang menyimpannya selama bertahun-tahun sebelum beralih ke tangan seorang kolektor di Kanada. Pakaian ini juga sempat dilego ke sebuah galeri di Monaco.

Hal spesial lain dari baju itu ialah bubuhan tanda tangan Senna di atas emblem sponsor Banco Nacional. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual