Mitsubishi Xpander Terbakar di Riau Akibat Modifikasi Sembrono Pemiliknya

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Terbakar di Riau Akibat Modifikasi Sembrono Pemiliknya

JAKARTA – Mitsubishi Xpander yang terbakar hangus di Riau ternyata tidak lagi berspesifikasi standar pabrikan dan sudah dimodifikasi oleh sang pemilik.

Sebagai informasi, foto sebuah Xpander yang terbakar tersebar di media sosial baru-baru ini. Di dalam foto, terlihat api melalap habis bagian muka low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut, mulai dari fascia depan sampai kaca depan dan pilar A kendaraan. Disebutkan bahwa kejadian tersebut terjadi di Riau, Pekanbaru.

Agen pemegang merek (APM) Mitsubishi di Tanah Air, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), ketika diwawancarai pada Rabu (3/10/2018) mengakui kebenaran foto tersebut. Mereka juga sudah mengirim tim ke lapangan untuk melakukan investigasi.

Setelah investigasi, diketahui bahwa Xpander belum lama diterima dan sudah dioprek-oprek. Hal ini diakui oleh empunya kendaraan. Arus pendek pada salah satu kabel yang ditambahkan untuk keperluan modifikasi lah yang menyebabkan mobil terbakar.

“Setelah investigasi, ternyata terlihat ada modifikasi tertentu yang non-standar. Ada kabel non-standar yang ditempelkan ke aki. Arus pendek pada kabel ini yang menyebabkan kebakaran,” papar Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning and Communication Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia MMKSI di Jakarta pascakonferensi pers penambahan produksi Mitsubishi Xpander jadi 160 ribu unit pada 2020.

Menurut dia, odometer Xpander yang terbakar di Riau baru memperlihatkan jarak sekitar 1.000 km. Investigasi Mitsubishi terkait ini pun sudah dihentikan.

“Pemiliknya, sih, sempat bilang kalau dia mau beli lagi Xpander yang baru,” aku Intan.

Jerry Amran, Head of Public Relations and Corporate Social Reponsibility (CSR) Section MMKSI, mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui seberapa drastis modifikasi yang dilakukan pemilik Xpander yang terbakar di Riau karena unitnya sudah terbakar hangus. Mereka hanya menemukan kabel tambahan untuk modifikasi yang menyebabkan arus pendek.

Bagi Anda semua pemiliki kendaraan, sah-sah saja bila ingin melakukan modifikasi. Namun, ada banyak aspek yang harus diperhatikan khususnya unsur keselamatan dan keamanan. Jangan memodifikasi secara sembrono banyak kerugiannya, mulai dari klaim asuransi Anda bisa hangus atau bisa saja berakibat fatal hingga terbakar seperti kasus di atas. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar