Mitsubishi Xpander Ditambah Produksinya Jadi 160 Ribu Unit pada 2020

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Ditambah Produksinya Jadi 160 Ribu Unit pada 2020

JAKARTA – Mitsubishi mengumumkan investasi tambahan hingga ratusan miliar rupiah demi meningkatkan produksi Mitsubishi Xpander untuk kesekian kalinya karena banyaknya permintaan dari pasar ekspor.

Osamu Masuko, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC), mengumumkan investasi baru sebanyak 4 miliar yen atau sekitar Rp 540 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksi total pabrik mereka di Cikarang dari 160 ribu unit per tahun menjadi 220 ribu unit per tahun pada 2020. Sebanyak 160 ribu unit di antaranya kelak didedikasikan untuk Xpander.

Penyebab utamanya adalah penambahan permintaan Xpander dari negara-negara tujuan ekspor sejak mulai didistribusikan pada April kemarin. Sejauh ini, low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut sudah dikapalkan ke negara-negara Asia Tenggara plus Bolivia.

Padahal, tujuan ekspor sendiri masih bakal bertambah pada 2019 ke negara-negara Amerika Selatan plus Afrika seperti Mesir. Di sisi lain, pasar domestik tentu saja juga harus mendapat suplai mencukupi.

“Negara tujuan ekspor pertama Filipina. Mereka sangat mengapresiasi dan meminta lebih. Thailand dan Vietnam juga meminta suplai lebih besar. Saya melihat kami punya kesempatan menjual lebih banyak di luar Indonesia. Tapi pasar Indonesia tentu saja akan marah jika kami tak menyuplai untuk mereka jadi kami putuskan melakukan penambahan,” paparnya di dalam konferensi pers pada Rabu (3/10/2018) di Jakarta.

Ekspor Xpander pada 2020 sendiri akan menjadi 50 ribu unit. Volume tersebut lebih besar dibanding target sebelumnya yang berjumlah 30 ribu unit.

Sebagai informasi, Xpander meluncur pertama kali pada Agustus 2017, dengan penambahan dua varian baru lagi persis setahun setelahnya. Respons konsumen Indonesia jauh melebihi ekspektasi sehingga inden sempat mencapai lebih dari enam bulan, meski sekarang diklaim sudah tereduksi menjadi hanya 1 – 2 bulan.

Untuk memenuhi permintaan pasar ekspor serta domestik, produksi Xpander saat ini lantas ditingkatkan dari 80 ribu unit per tahun menjadi 115 ribu per tahun unit, kemudian menjadi 150 ribu unit pada 2019. Belum cukup, kapasitas akhirnya dimaksimalkan lagi menjadi 160 ribu unit per tahun pada 2020. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar