Mitsubishi Perbaiki Gratis Pajero Sport Lawas Karena Masalah Tailgate Gas Spring

Berita Otomotif

Mitsubishi Perbaiki Gratis Pajero Sport Lawas Karena Masalah Tailgate Gas Spring

JAKARTA – Mitsubishi menggelar recall (penarikan dan perbaikan gratis) untuk lebih dari 77 ribu Pajero Sport generasi terdahulu mulai 1 Oktober. Penyebabnya adalah potensi masalah di pintu belakang.

Recall Pajero Sport lawas diumumkan oleh PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI), agen pemegang merek berlogo tiga berlian ini di Indonesia, pada akhir pekan lalu. Hal ini, menurut mereka, dilakukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap kewajiban melakukan dan memublikasikan recall sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

Adapun Pajero Sport yang terkena recall adalah produksi 2009 – 2015. Kendaraan yang terdampak mencapai 77.196 unit di Indonesia.

Komponen yang mempunya potensi problem sampai harus diganti adalah tailgate gas spring. Pasalnya, area end cap outer tube pada komponen satu ini tidak memiliki lapisan anti karat yang cukup sehingga lama-kelamaan menimbulkan karat pada outer tube.

Karat dapat menyebabkan end cap terlepas atau tailgate (pintu belakang) terjatuh secara tiba-tiba dan berpotensi mencederai konsumen. Pabrikan yang bermarkas di Tokyo, Jepang ini mengklaim bahwa hingga kini belum ada laporan terjadinya insiden terkait kecacatan produksi tersebut.

Tailgate gas spring lama bakal diganti dengan suku cadang baru yang sudah disempurnakan dengan menambahkan ati korosi. Penyempurnaan juga dilakukan dari sisi desain end cape pada outer tube. Selain itu, pada inner tube pada suku cadang baru berwarna steel chrome, bukan dark chrome seperti yang lawas.

Pengecekan dan perbaikan nantinya memakan waktu sekitar 60 menit. Mitsubishi berjanji akan memerintahkan dealer-dealer  di seluruh Indonesia untuk mengirimkan surat undangan pemeriksaan dan penggantian suku cadang kepada konsumen yang kendaraannya terdaftar dalam recall.

Pemilik Pajero Sport 2009 - 2015 diharapkan pula menghubungi dealer terdekat untuk informasi lebih lanjut dan melakukan Service Booking demi kemudahan pengaturan waktu perbaikan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support