Mitsubishi Xpander AP4 Mulai Tunjukkan Ketangguhannya di Kompetisi Nasional

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander AP4 Mulai Tunjukkan Ketangguhannya di Kompetisi Nasional

BANTEN – Mitsubishi Xpander AP4 berhasil memenangkan Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021.

Di kejuaraan yang berlangsung di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung pada 10-11 April 2021 ini, Mitsubishi Xpander AP4 berhasil mendominasi balapan. Mobil yang dikendarai oleh Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan ini menguasai balapan di hari pertama dan kedua.

Meski sempat mengalami kendala di bagian suspensi, waktu pencapaian Mitsubishi Xpander AP4 tidak terkejar oleh peserta lain. Hingga akhir balapan, Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan berhasil membukukan waktu 10 menit 8,2 detik atau unggul lebih dari 11 detik atas kompetitor mereka yang berada di posisi kedua.

“Lomba kali ini sangat seru . Terjadi persaingan yang cukup ketat karena saling mengejar catatan waktu di tiga SS terakhir. Tapi alhamdulillah kami dapat menutup lomba dengan juara. Event kali ini terbilang istimewa, lokasi balap yang bagus, di pinggir pantai dan menghadirkan suasana berbeda dari balapan-balapan sebelumnya. Sebuah fenomena baru,” ungkap Rifat.

Mitsubishi Xpander AP4

Ia pun mengatakan bahwa dengan hasil yang Ia raih ini menunjukkan bahwa kendaraan keluarga yang diproduksi di Indonesia dapat berprestasi untuk balap.

“Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross adalah kendaraan keluarga yang tidak hanya bisa dinikmati oleh keluarga tapi bisa membawa prestasi dengan handling yang sangat baik,” ungkap Rifat Sungkar beberapa waktu lalu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Mitsubishi Xpander memang memiliki beragam keunggulan. Hal inilah yang membuat Rifat Sungkar memilih mobil tersebut untuk dijadikan sebagai kendaraan andalannya di musim ini.

Salah satunya adalah struktur body dari Mitsubishi Xpander memang sangat mirip dengan Mitsubishi Evo X. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena berdasarkan regulasi, kelas AP4 memang mengharuskan 80 persen struktur bodi masih sama dengan sistem penggerak empat roda.

Tak hanya itu, bobot Mitsubishi Xpander hanya 1.780 kilogram. Ini merupakan modal yang sangat baik bila bobil tersebut dijadikan sebagai mobil reli di kategori AP4. Pada kategori tersebut, bobot kendaraan minimal 1.230 kg hingga 1.300 kg.

Untuk mencapai regulasi, Rifat merombak total interior kendaraan hingga tidak terlihat lagi bawaan asli Mitsubishi Xpander. Beragam penyesuaian dilakukan agar bobot kendaraan menjadi lebih ringan, aman dan tentunya sesuai dengan regulasi reli.

Mesin dari Mitsubsihi Xpander pun diganti dengan Mitsubishi 4B11 yang sudah pernah digunakan oleh mobil balap Lancer maupun Evo. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.600cc dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 350hp plus torsi 410 ft/lbs. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar