Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Penyebab Harga Mitsubishi Xpander Lebih Mahal di Luar Jakarta

Berita Otomotif

Penyebab Harga Mitsubishi Xpander Lebih Mahal di Luar Jakarta

PALEMBANG – Mitsubishi Xpander di beberapa daerah dijual lebih mahal ketimbang di Jakarta dan berilkut ini adalah beberapa komponen yang membuatnya harganya berbeda.

Contohnya perbedaan harga jual di Palembang, Sumatera Selatan yang memiliki harga lebih tinggi sekitar Rp 7,95 juta dibanding harga Mitsubishi Xpander di Jakarta. Hal yang sama juga terjadi di beberapa daerah seperti Medan, Semarang dan Surabaya.

Menariknya lagi, meski jarak Jakarta dengan Palembang lebih dekat ketimbang Jakarta dengan Medan, namun harga Mitsubishi Xpander di Palembang tetap lebih mahal sekitar Rp 1 juta ketimbang di Medan. Hal serupa juga terjadi pada harga Mitsubishi Xpander di Semarang yang harganya lebih tinggi ketimbang Surabaya.

“Yang membangun harga adalah pajak, bea balik nama (BBN), dan biaya transportasi,” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) siang hari tadi.

Namun, dari semua hal tersebut, pajak rupanya menjadi faktor penentu yang sangat besar. Hal inilah yang membuat harga mobil di Palembang menjadi lebih mahal ketimbang harga mobil di Medan, meski jaraknya lebih dekat dari Jakarta.

“Jadi biaya pajak di Sumatera Selatan khususnya di Palembang ini lebih mahal ketimbang di Medan. Jika biaya pajak kendaraan di sana hanya sekitar 10 persen dari harga off the road kendaraan, maka di Palembang biaya pajaknya ada di kisaran 12 persen. Ini yang membuat harga mobil di Palembang menjadi lebih mahal,” tambah Ekianto Tellis, Vice President PT Lautan Berlian Utama Motor Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

Ia pun menambahkan, bila saja biaya pajak kendaraan di Palembang lebih rendah ketimbang Jakarta, bukan tidak mungkin harga kendaraan on the road di Palembang bisa menjadi lebih murah.

“Nanti ketika Jakarta memiliki aturan baru yaitu pajak kendaraan menjadi 20 persen, maka bukan tidak mungkin harga kendaraan di Palembang menjadi lebih murah dibanding Jakarta,” pungkasnya.

Saat ini, Mitsubishi Xpander di Palembang dijual dengan harga mulai dari Rp 197 juta hingga Rp 254 juta. Pelanggan bisa memilih 6 tipe berbeda dan memiliki keunggulannya masing-masing. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang