Mitsubishi Outlander PHEV Seharga Rp 1 Miliar Sudah Dipesan 40 Orang

Berita Otomotif

Mitsubishi Outlander PHEV Seharga Rp 1 Miliar Sudah Dipesan 40 Orang

TANGERANG - Outlander PHEV, mobil berbahan bakar alternatif pertama Mitsubishi di Indonesia, sudah dipesan puluhan orang.

Outlander PHEV meluncur secara resmi di Tanah Air melalui Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang. Adapun harganya adalah Rp 1,289 miliar on-the-road Jakarta.

Aditya Wardani, Head of Public Relations and Corporate Social Responsibility Department PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), dalam konferensi pers pada Kamis (26/7/2019) mengatakan bahwa di GIIAS belum ada Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk model tersebut. Hal ini ia wajari karena Outlander PHEV merupakan model baru, teknologi baru, sehingga Mitsubishi masih melakukan sosialisasi dalam pameran tersebut.

Namun, di dealer-dealer, ternyata sudah ada yang memesan. Adapun jumlahnya tidak banyak.

“Di luar GIIAS sudah ada SPK 40 unit,” ujar dia.

Sekadar mengingatkan, model plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) terpopuler sedunia ini menggabungkan mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) dengan sistem penggerak listrik. Di balik kap depan terdapat mesin bensin 2.4-l DOHC MIVEC berdaya 126 hp dan torsi 199 Nm.

Sebagai kombinasi, dimasukkan pula baterai listrik 13,8 kWh dengan dua motor penggerak yang masing-masing terletak di depan dan belakang. Motor penggerak depan berdaya 80hp dengan torsi 199 Nm, sedangkan yang di belakang bertenaga 93hp dengan torsi 195 Nm.

Mesin di sebagian besar waktu hanya berfungsi sebagai generator yang mengisi daya baterai. Namun, dalam kondisi mobil berakselerasi atau melibas tanjakan, mesin bakal bekerja bersama sistem penggerak listrik untuk memberi tenaga ekstra.

Mobil123.com kemarin sempat memberitakan tentang daya listrik yang dibutuhkan untuk mengecas Outlander PHEV di rumah yaitu 3.600 watt untuk tarikan pertama. Selanjutnya adalah sekitar 2.000 watt secara konstan.

Dengan demikian, pastinya rumah itu harus punya daya listrik cukup jauh di atas 3.600 watt jika ingin semua alat elektronik dapat berjalan dengan normal secara bersamaan.

Baterai listrik Outlander PHEV dapat bertahan hingga 10 tahun. Mitsubishi memberikan baterai seharga Rp 200 juta ini garansi 3 tahun atau 100 ribu km.

Fitur-fitur Outlander PHEV antara lain Anti-Trapping Electric Sunroof, Electric Tailgate, Driver Power Seat, Electric Parking Brake with Brake Auto Hold, Paddle Shift, Dual Zone Auto AC, layar sentuh 8 inchi. Masih ada lagi Forward Collision Mitigation System, Ultrasonic Mis-Acceleration Miigation System, Blind Spot Warning, Lane Change Assist, Rear Cross Traffic Alert, Active Stability and Traction Control, Hill Start Assist, 7 airbag, Adaptive Cruise Control dan Multi Around View Monitor. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar