Nissan Bikin Mesin Xpander dan Livina Pertengahan 2020

Berita Otomotif

Nissan Bikin Mesin Xpander dan Livina Pertengahan 2020

JAKARTA - Nissan mengungkapkan lebih detail mengenai kapan pihaknya bakal membuatkan mesin Xpander dan All-New Livina di pabrik mereka di Indonesia.

Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) menjelaskan pihaknya saat ini sedang melakukan persiapan merakit mesin Xpander dan Livina di pabrik mereka. Merek otomotif yang berkantor pusat di Yokohama, Jepang itu telah memesan berbagai peralatan terkait manufakturnya.

“Ini dalam tahap persiapan karena pada 2020 kami sudah melakukannya. Seharusnya bakal bisa mulai sejak pertengahan 2020 nanti. Persiapan sudah sejak pengumuman terjadi,” ucapnya menanggapi pertanyaan Mobil123.com.

Sekadar mengingatkan, pada awal Oktober tahun lalu, para eksekutif Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Jepang berkunjung ke Jakarta. Salah satu agenda mereka ketika itu adalah konferensi pers rencana pemindahan produksi mesin Xpander--serta multi purpose vehicle (MPV) Nissan yang menggunakan platform model tersebut--dari pabrik Mitsubishi ke Nissan di Tanah Air.

Pada Februari 2019, diketahui MPV Nissan berplatform Xpander itu adalah All-New Livina.

MMC, ketika bertandang ke Jakarta, menjelaskan pula rencana menggelontorkan investasi baru untuk memperbesar kapasitas produksi pabrik Cikarang, Bekasi dari 160 ribu unit setahun saat ini menjadi 220 ribu unit pada 2020. Pabrik itu antara lain merakit Mitsubishi Xpander serta All-New Livina.

Berbagai kerja sama itu bisa terjadi karena Mitsubishi beraliansi dengan Renault-Nissan sejak akhir 2016, setelah 34 persen saham MMC diakuisisi oleh Nissan Motor Corporation. Aliansi tersebut menjadi salah satu grup otomotif terbesar sejagad, bersama-sama dengan Toyota, Volkswagen, maupun General Motors (GM).

Investasi Baru
Lebih lanjut, Sekiguchi menjelaskan perakitan mesin Xpander dan Livina tentu saja membutuhkan penanaman modal baru. Investasi tersebut tak seluruhnya dikeluarkan oleh Nissan, tapi juga Mitsubishi.

Sayang, Sekiguchi belum bersedia mengungkap berapa nilai investasi total oleh keduanya.

“Ini (investasi perakitan mesin) dilakukan bersama-sama Mitsubishi. Sekali lagi kami tegaskan, kami adalah aliansi,” paparnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar