Mitsubishi Ingin Punya 153 Dealer Penjualan Xpander Hingga Maret 2020

Berita Otomotif

Mitsubishi Ingin Punya 153 Dealer Penjualan Xpander Hingga Maret 2020

JAKARTA - Mitsubishi menargetkan punya 153 dealer kendaraan penumpang plus niaga ringan di Indonesia pada tahun fiskal 2019 yang berakhir Maret tahun depan. Sementara itu, realisasi penambahan jumlah outlet penjualan untuk tahun fiskal sebelumnya meleset dari target.

Sebagai informasi, Mitsubishi menargetkan untuk memiliki 143 dealer kendaraan penumpang plus niaga ringan pada tahun fiskal 2018. Adapun realisasinya hingga Kamis (14/3/2019) kemarin ialah 128 dealer.

“Itu adalah outlet yang sudah resmi dibuka. Di samping itu sebetulnya kami ada beberapa lagi outlet yang sudah beroperasi tetapi belum ada seremoni pembukaannya. Sampai nanti kira-kira Maret atau April kami akan kejar hingga 135 dealer,” jelas Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam Annual Media Gathering baru-baru ini di Jakarta.

Tidak dijelaskan alasan melesetnya realisasi perluasan jaringan penjualan Mitsubishi. Irwan lanjut menerangkan hingga akhir tahun fiskal 2019 Mitsubishi memproyeksikan untuk memiliki total 153 dealer lagi yang menjual model-model seperti Xpander maupun Pajero Sport di Indonesia.

Bengkel Perbaikan Bodi dan Cat
Selain dealer, Mitsubishi mengembangkan pula kuantitas bengkel perbaikan bodi dan cat di Tanah Air. Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI, mengatakan hingga Maret 2019 sudah ada 10 fasilitas untuk perbaikan bodi plus cat, bertambah tiga dibandingkan tahun fiskal sebelumnya.

Dalam kurun April 2019 sampai Maret 2020, mereka bakal menambahnya lagi sampai menjadi 20 fasilitas di berbagai area.

Merek-merek yang mempunyai model kendaraan murah, khususnya low multi purpose vehicle (LMPV), memang agresif mengembangkan jaringan dealer. Misalnya saja Wuling, merek mobil baru asal China, yang pada tahun kalender 2019 berambisi untuk sudah mempunyai 120 dealer.

Pemain lama Nissan juga ‘bangun dari tidur’ tahun ini. Setelah merilis All-New Livina, mereka akan menambah 30 dealer baru sampai Desember mendatang sehingga jumlah jaringan mereka menjadi lebih dari 130 outlet. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar