Mitsubishi Indonesia Ganti Presdir di Tengah Kesuksesan Xpander

Berita Otomotif

Mitsubishi Indonesia Ganti Presdir di Tengah Kesuksesan Xpander

JAKARTA – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) melakukan pergantian presiden direktur (presdir) di Indonesia di tengah kesuksesan Xpander mengantarkan negeri ini menjadi pasar terbesar Mitsubishi global.

Mitsubishi, melalui keterangan resmi pada Jumat (24/8/2018), mengumumkan pergantian presiden direktur dari Kyoya Kondo ke Naoya Nakamura. Kebijakan tersebut berlaku secara efektif mulai 25 September mendatang.

Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning and Communication PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan hal ini adalah pergantian rutin biasa dari MMC. Tidak ada alasan khusus di balik itu.

"Ini karena alasan organisasi saja. Pak Kondo sudah ada penugasan baru dari MMC. Dia setelah ini kembali dulu ke Jepang," ucap Intan melalui pesan singkat kepada Mobil123.com.

Kondo mulai menjabat sebagai Presiden Direktur MMKSI sejak April 2017 menggantikan Hisashi Ishimaki. Kondo hadir saat Mitsubishi baru saja melakukan perombakan struktur organisasi.

Pasalnya, mulai tahun fiskal 2017, Mitsubishi, yang awalnya hanya terdiri dari satu perusahaan yaitu PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), membagi diri menjadi KTB, MMKSI, dan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). KTB mengurusi produksi dan penjualan truk, MMKSI bertanggungjawab mengenai distribusi kendaraan penumpang dan niaga ringan, sedangkan MMKI khusus memikirkan produksi kendaraan penumpang dan niaga ringan pabrik baru di Cikarang, Bekasi.

Restrukturisasi tersebut dilakukan agar Mitsubishi bisa benar-benar fokus mengembangkan pasar kendaraan penumpang mereka di Indonesia lewat low multi purpose vehicle (LMPV) Xpander. Model yang meluncur pada Agustus 2017 itu kemudian mendapat atensi sangat baik dari para konsumen di Indonesia hingga membawa Indonesia menjadi pasar terbesar Mitsubishi global pada semester satu tahun kalender 2018.

Suksesor Kondo nantinya, Naoya Nakamura, kini masih menjabat sebagai Presiden Direktur MMC di Rusia. Mitsubishi berharap melalui pengalaman serta keahlian Nakamura, MMKSI menjadi perusahaan yang makin berkembang.

Nakamura sendiri hadir menjelang realisasi kerja sama produksi antara Mitsubishi dengan Nissan di Indonesia, setelah pabrikan berlambang tiga berlian ini menjadi bagian dari aliansi Nissan-Renault pada akhir 2016. Pabrik Mitsubishi Cikarang pada 2019 akan mulai merakit LMPV Nissan yang menggunakan platform Xpander. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar