Xpander Sukses, Profit Mitsubishi Global Meningkat 36 Persen

Berita Otomotif

Xpander Sukses, Profit Mitsubishi Global Meningkat 36 Persen

TOKYO – Mitsubishi Xpander disebut-sebut sebagai salah satu alasan profit Mitsubishi global meningkat pesat di kuartal pertama tahun fiskal 2018 (April – Juni).

Mitsubishi Motors Corporation awal pekan ini mengumumkan operating profit (laba sebelum pajak dan bunga) 28,1 miliar yen (Rp 3,65 triliun). Jumlah tersebut meningkat 36 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year) ketika pabrikan berlambang tiga berlian ini membukukan 20,6 miliar yen (Rp 2,67 triliun).

Berbicara penjualan wholesales, Mitsubishi meraih peningkatan 42 persen year on year di seluruh dunia. Pada April – Juni kemarin, pabrikan yang bermarkas di Chiyoda, Tokyo ini mengirim 336 ribu unit kendaraan ke pasar global.

Salah satu penyebab raihan positif Mitsubishi adalah performa bagus di pasar-pasar kunci, termasuk di Asia Tenggara karena hadirnya Xpander yang meluncur di Indonesia pada Agustus 2017 dan mulai diekspor pada April 2018. Berkat Xpander yang sekarang menjadi mobil terlaris di Tanah Air, pangsa pasar Mitsubishi di Indonesia menjadi sekitar 14 persen selama Januari – Juni 2018.

Asia Tenggara, termasuk Indonesia memang pasar penting bagi Mitsubishi. Region ini berkontribusi hampir separuh dari volume penjualan global mereka.

Indonesia sendiri, menurut Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Kyoya Kondo saat diwawancarai beberapa waktu lalu di Jakarta, masuk di lima besar pasar terbesar Mitsubishi global.

Lebih lanjut, di Asia Tenggara, penjualan Mitsubishi berhasil naik 28 persen. Di China plus Taiwan, mereka mendongrak transaksi jual-beli hingga 37 persen berkat kuatnya SUV Outlander.

Di Amerika Utara serta Eropa, penjualan Mitsubishi melambung masing-masing 22 persen dan 39 persen antara lain karena bantuan Outlander PHEV. Sementara itu, di rumah mereka sendiri di Jepang, Mitsubishi mampu mendongkrak volume distribusi kendaraan ke pasar sebanyak 11 persen karena Eclipse Cross.

Pencapaian ini merupakan angin segar bagi Mitsubishi yang tertimpa skandal pemalsuan data konsumsi bahan bakar di Jepang pada 2016 hingga menyebabkan kesulitan keuangan. Mitsubishi lalu diselamatkan oleh Nissan yang mengakuisisi 34 persen saham mereka pada akhir 2016.

Sejak itu, Mitsubshi bersama para anggota aliansi seperti Nissan dan Renault aktif menggabungkan sumber daya komponen dan produksi  demi efisiensi. Di Indonesia, hasil dari sinergi yang sudah terungkap adalah pemakaian platform Xpander untuk multi purpose vehicle (MPV) terbaru Nissan.

MPV ini kelak diproduksi di pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi. Kendaraan tersebut pun dikabarkan mulai dirakit pada 2019. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar