Mitsubishi Xpander Jangkau Bolivia dan Mesir pada 2019

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Jangkau Bolivia dan Mesir pada 2019

TANGERANG – Mitsubishi Xpander hasil produksi pabrik Cikarang, Bekasi bakal mulai diekspor ke luar Asia Tenggara (ASEAN) atau bahkan Asia pada tahun fiskal 2019 (April 2019 – Maret 2020).

Intan Vidiasari, Group Head of Planning and Communication PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan bahwa ekspor Xpander pada tahun fiskal berikutnya akan merambah region Amerika Selatan dan Afrika. Dua negara yang ia sebut adalah Bolivia serta Mesir.

“Bolivia, Mesir, kemudian Thailand dan Vietnam juga akan mulai (diekspor) semuanya. Untuk Malaysia, tahun fiskalnya belum ketahuan,” ujar dia menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Sebagai informasi, Xpander menjalani debut global di Indonesia pada Agustus 2017. Multi purpose vehicle (MPV) berdesain kental nuansa sport utility vehicle (SUV) ini dirakit di pabrik Mitsubishi Cikarang yang baru beroperasi April tahun lalu. Kapasitas produksi yang disiapkan untuknya adalah 80 ribu per tahun dan sekitar 30 persen di antaranya ditujukan untuk ekspor.

Total kapasitas produksi terpasang di pabrik Mitsubishi Cikarang sendiri 160 ribu unit per tahun. Selain Xpander, produk Mitsubishi lain yang dirakit di sini adalah Pajero Sport serta L300.

Osamu Masuko, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation, dalam wawancara terbatas pada 2017 mengatakan bahwa selain untuk memenuhi permintaan pasar domestik, Xpander juga bakal diekspor ke sekitar ASEAN, Amerika Selatan, Timur Tengah, Afrika. Debut ekspornya terjadi pada April 2018 dengan Filipina sebagai negara tujuan pertama.

Karena permintaan domestik yang amat banyak plus rencana ekspor, kapasitas produksi Xpander terus ditambah. Rencana awal 5.000 unit per bulan ditambah menjadi 8.000 unit dan terakhir 10 ribu unit mulai tahun fiskal 2018, termasuk untuk ekspor.

Dengan demikian, pada tahun fiskal 2018 produksinya menjadi 120 ribu unit. Pada tahun fiskal 2019, produksi Xpander dipastikan menjadi 150 ribu unit per tahun.

Intan mengakui dengan kapasitas produksi yang awalnya hanya 80 ribu unit per tahun, Mitsubishi menyiapkan investasi tambahan untuk Xpander. Sayang, jumlahnya tidak ia sebutkan.

“Dari 150 ribu unit itu persentase untuk pasar domestik dan ekspornya tetap sama, 70 persen dan 30 persen,” papar Intan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual