Mitsubishi Xpander Versi Nissan Belum Jelas Detail Produksinya

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Versi Nissan Belum Jelas Detail Produksinya

TANGERANG – Mitsubishi mengaku belum  mendapat informasi mengenai volume produksi ‘Nissan Xpander’ di 2019. Penambahan produksi Mitsubishi Xpander menjadi 150 ribu unit di tahun fiskal 2019 belum termasuk dengan low multi purpose vehicle (LMPV) Nissan yang menggunakan platform sama tersebut.

Seperti diketahui, LMPV baru Nissan bakal memakai platform Xpander, LMPV Mitsubishi yang meluncur di Indonesia pada Agustus 2017, sehingga media massa nasional menjulukinya sebagai Nissan Xpander. Kolaborasi ini dimungkinkan setelah aliansi Nissan-Renault pada akhir 2017 mengakuisisi 34 persen saham Mitsubishi dan menjadikan pabrikan berlogo tiga berlian itu bagian dari aliansi.

Osamu Masuko, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC), dalam wawancara terbatas pada 2017 mengungkapkan pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi akan memproduksi serta menyuplai LMPV Nissan. Menurut aliansi Nissan belakangan ini, pabrik Mitsubishi di Cikarang bakal mulai mendistribusikan Nissan Xpander pada 2019.

Seakan berhubungan, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) baru-baru ini mengumumkan penambahan produksi Xpander menjadi 150 ribu unit pada April 2019 – Maret 2020, dari 120 ribu unit pada tahun fiskal 2018. Namun, agen tunggal pemegang merek (ATPM) Mitsubishi di Indonesia memastikan bahwa volume tersebut hanya untuk Xpander, baik pasar domestik maupun ekspor.

“Walaupun platformnya akan sama, tapi yang dibicarakan MMC itu khusus untuk produk Mitsubishi dulu. kalau ada penambahan buat Nissan, saya belum tahu berapa unit Nissan akan membuat LMPV tersebut,” kata Intan Vidiasari, Group Head of Planning and Communication PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Intan pun menolak menanggapi lebih jauh pernyataan aliansi soal rencana menyuplai Nissan Xpander pada tahun depan, termasuk mengenai perkiraan waktunya. Menurut dia, belum ada komentar lebih lanjut perihal itu dari Mitsubishi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual