Mitsubishi Fuso Berambisi Dominan di Pasar Truk Indonesia

Berita Otomotif

Mitsubishi Fuso Berambisi Dominan di Pasar Truk Indonesia

JAKARTA – Mitsubishi Fuso mengumumkan target mencengkeram lebih dari separuh pasar truk Indonesia pada 2020, dengan lebih agresif di kelas truk menengah (medium duty truck/MDT).

Pabrikan truk berlogo tiga berlian itu terus menjadi pemimpin pasar selama 47 tahun keberadaan mereka di Tanah Air. Pada 2017, mereka mengakhiri tahun dengan penjualan 42.319 unit, tumbuh 28 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pangsa pasar mereka masih di kisaran 45 persen, sementara volume jual-beli truk nasional meningkat 30,93 persen dari 72.208 unit menjadi 94.545 unit.

“Pencapaian di 2017 menjadi bekal kami dalam menghadapi tantangan baru di  2018. Kami juga memiliki target jangka menengah untuk memperluas pangsa pasar absolut di kendaraan niaga sebesar 50 persen,” kata Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Duljatmono dalam Annual Media Gathering Mitsubishi Fuso 2018, Jumat (2/3/2018) di Jakarta Convention Center.

Target itu, menurut dia, akan dilakukan dengan ekspansi produk baru terutama truk menengah bernama Fighter. Untuk melengkapi, Mitsubishi Fuso juga melakukan peningkatan layanan purnajual berbasis digital melalui aplikasi Runner serta strategi komunikasi baru.

Deputy Group Head of Field Group KTB Doni Maksudi menambahkan target pangsa pasar 50 persen itu diharapkan tercapai pada 2020.

Lebih Agresif di Truk Menengah
Demi memenuhi ambisi tersebut, peningkatan pangsa pasar cukup signifikan akan dikejar di truk menengah. Doni menjelaskan pada 2020 Mitsubishi Fuso ingin meraup 25 persen pasar di kelas ini, dari 18,6 persen di 2017.

Duljatmono menjelaskan Fighter, yang dijadwalkan meluncur pada semester satu ini, bakal berperan penting. Varian Fighter kelak terus ditambah dari empat pada tahun pertamanya menjadi lebih dari 16 varian pada 2020.

“Fighter adalah model baru, tambahan dari lini model yang ada sekarang dan menjadi bagian dari target pangsa pasar di kelas truk menengah. Mengenai komposisinya berapa akan kami lihat dari permintaan pasar.”

Adapun target penjualan Mitsubishi Fuso pada 2018 ialah 53 ribu unit, meningkat 25 persen dibandingkan setahun lalu, dengan perkiraan pangsa pasar 46 persen. Penguasaan mereka di kelas truk ringan ingin diperbesar dari 58 persen menjadi 59 persen, sementara di kelas truk menengah ceruk pasar diproyeksikan membengkak dari 18,6 persen ke 23 persen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual