Mini Xpander Berhasil Raih Bintang 5 Keselamatan JNCAP

Berita Otomotif

Mini Xpander Berhasil Raih Bintang 5 Keselamatan JNCAP

TOKYO – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan bahwa dua kendaraan mereka yang memiliki desain mirip dengan Xpander dalam dimensi imut-imut berhasil mendapatkan skor tertinggi oleh Japan New Car Assessment Program (JNCAP).

Kedua model tersebut adalah eK X (ek Cross) dan eK Wagon . Keduanya meraih nilai tertinggi ASV+++ dalam kinerja keselamatan preventif dan skor bintang lima (maksimum) dalam performa keselamatan tabrakan di tahun fiskal 2019.

Mitsubishi mengklaim bahwa hasil menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan kendaraan yang aman. Pengembangan fitur keselamatan aktif dan pasif yang mereka lakukan dinilai telah berhasil menciptakan mobilitas lebih aman.

eK X dan eK Wagon memang telah dilengkapi dengan teknologi driver assistance. Dengan demikian, sejumlah fitur canggih yang mencakup langkah-langkah keselamatan preventif untuk mendukung pengemudi dalam menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan tabrakan telah tertanam di mobil ini.

Sebut saja Lane Departure Warning (LDW) yang menginformasikan kepada pengemudi dengan bel peringatan dan tampilan layar informasi ketika kendaraan menyimpang dari jalurnya. sementara Lane Departure Prevention (LDP) membantu pengemudi dalam memindahkan kendaraan kembali ke jalurnya.

Selanjutnya ada Emergency Assist for Pedal Misapplication yang dipasang di kedua kei wagon ini mencegah akselerasi mendadak akibat pengoperasian tuas atau pedal yang tidak disengaja. kemudian dan Multi Around Monitor yang membantu pengemudi untuk memonitor lingkungan sekitar kendaraan saat parkir.

Selain itu, sistem pengereman Forward Collision Mitigation (FCM) yang mendeteksi pejalan kaki dan kendaraan di depan kendaraan. Ada pula Automatic High Beam (AHB) yang berganti antara sorotan tinggi dan sorotan rendah dengan mendeteksi kendaraan sebelumnya atau yang akan datang serta tingkat kecerahan jalan dan sekitarnya, untuk memastikan mengemudi lebih aman.

eK X dan eK Wagon menawarkan juga berhasil menunjukkan sistem keselamatan Mitsubishi Motors Rise. Sistem ini menggabungkan desain bodi depan penyerap energi tabrakan dengan kompartemen penumpang yang tahan deformasi. Ada enam SRS Airbag yang meningkatkan kinerja perlindungan penumpang.

Kei wagon dirancang untuk lebih meningkatkan keselamatan pejalan kaki dengan memasang struktur penyerap energi di kap mesin untuk melindungi area kepala pejalan kaki. Struktur di dalam bemper juga dibuat untuk mengurangi cedera pada kaki pejalan kaki saat terjadi tabrakan.

Kedua mobil tersebut memang belum diluncurkan di Indonesia, namun bukan tidak mungkin ke depan, Mitsubishi akan menghadirkan mobil ini ke Tanah Air. Hal ini karena Mitsubishi belum memiliki kendaraan kecil di Indonesia dan lebih fokus untuk mengembangkan MPV dan SUV yang pasarnya memang cukup besar. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar