Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Fitur Pendeteksi Pejalan Kaki Ternyata Punya Kelemahan dan Fatal Akibatnya

Berita Otomotif

Fitur Pendeteksi Pejalan Kaki Ternyata Punya Kelemahan dan Fatal Akibatnya

CALIFORNIA - Insurance Institute for Highway Safety atau biasa dikenal IIHS menemukan bahwa fitur keselamatan pejalan kaki ternyata tidak sepenuhnya dapat menghindari kecelakaan.

Fitur pedestrian adalah kemampuan mobil untuk mendeteksi pejalan kaki dan melakukan pengereman otomatis ketika ada yang melintas. Dengan demikian, maka kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki dapat diminimalisir.

Namun ternyata fitur tersebut tidak sepenuhnya bekerja optimal. Dalam beberapa pengujian yang dilakukan, kecelakaan pada pejalan kaki tetap saja terjadi. Pengujian dilakukan pada sedikitnya 16 kendaraan dari beragam merk.

Dari ke 16 mobil tersebut, hanya ada 12 kendaraan yang memiliki fitur pendeteksi pejalan kaki dan pengereman otomatis sebagai standard. Namun ternyata, meski memiliki fitur tersebut tak berarti mobil menjadi lebih ramah pada pejalan kaki. Pasalnya, dalam pengujian ada yang bahkan gagal menurunkan kecepatan.

Hanya ada enam kendaraan yang berhasil menghindari kecelakaan. Keenam kendaraan tersebut adalah Audi A4, BMW 3 Series, Mercedes-Benz C-Class, Volvo S60, Nissan Mazima dan Subaru Outback. Mobil-mobil tersebut dinyatakan superior dalam mengaplikasikan fitur ini.

Sementara itu, BMW 3 Series, Honda Accord, Lexus ES 350, Mazda 6, Nissan Altima, Tesla Model 3 dan Toyota Camry berada satu level di bawahnya dengan peringkat advanced. Untuk level di bawahnya lagi, atau level Basic dihuni oleh Chevrolet Malibu dan Mercedes-Benz C-Class.

Sementara untuk kendaraan yang mendapat level terendah diberikan peringkat ‘No Credit’. Mobil-mobil tersebut adalah Ford Fusion, Hyundai Sonata dan Kia Optima. Dengan adanya penelitian ini diharapkan produsen kendaraan dapat meningkatkan tingkat keselamatan kendaraannya.  [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang