Merek-Merek Mobil dan Motor yang Hilang di GIIAS 2019

Berita Otomotif

Merek-Merek Mobil dan Motor yang Hilang di GIIAS 2019

JAKARTA - Ada merek-merek mobil maupun sepeda motor yang tidak terlihat di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

GIIAS 2019 bakal berlangsung sekitar dua pekan lagi, tepatnya pada 18 - 28 Juli di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong Tangerang. Bakal ada 20 merek kendaraan penumpang yang ikut pada edisi kali ini, berbanding 19 merek pada tahun sebelumnya.

Nama yang menghilang adalah Chevrolet. Sayangnya, tidak disebutkan mengapa mereka kali ini urung mengikuti pameran otomotif tersebut. Adapun nama baru di sektor kendaraan penumpang di GIIAS 2019 jika dibandingkan dengan GIIAS 2018 adalah Jeep plus Renault.

“Jeep adalah yang merek terakhir yang memastikan ikut GIIAS 2019,” ucap Romi, Presiden Direktur Seven Event, dalam konferensi pers pada Selasa (2/7/2019) di Jakarta.

Sebenarnya ada satu lagi merek kendaraan penumpang yang masih ada di pasar otomotif Indonesia tapi tidak terlihat sejak GIIAS 2017. Merek itu adalah Kia.

“Saat ini Kia juga tidak lagi menjadi anggota Gaikindo. Seperti diketahui bisnis mereka saat ini sedang mengalami turbulensi dan mereka memerlukan strategi baru untuk bisa beroperasi lebih baik lagi,” papar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia.

Secara lengkap, daftar merek kendaraan penumpang yang meramaikan GIIAS 2019 adalah Isuzu, Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Jeep, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, Volskwagen, Wuling.

Mobil Komersial dan Motor
Pada bagian kendaraan komersial, GIIAS 2019 kelak diikuti 10 merek mobil komersial. Jumlahnya lebih banyak satu dari tahun sebelumnya.

Yang menghilang pada tahun ini adalah Avante. Posisinya digantikan oleh DFSK serta Tentrem.

Lengkapnya, daftar merek kendaraan niaga adalah DFSK, FAW, Mitsubishi Fuso, Hino, Isuzu, Tata Motors, UD Trucks, Adi Putro, Laksana, Tentrem.

Pameran otomotif terbesar se-Asia Tenggara itu pun diikuti 11 merek sepeda motor. Jumlahnya sama seperti tahun lalu, namun ada nama-nama yang berbeda.

BMW Motorrad yang pada tahun lalu ikut kini tak lagi ada, juga Yamaha. Posisi keduanya digantikan Kymco dan Vespa. Mereka menemani Benelli, Honda, Harley-Davidson, Kawasaki, KTM, Nozomi, Suzuki, Piaggio, Viar. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar