Toyota Hingga Mitsubishi Pindah Tempat di GIIAS 2019 Demi Produk Suku Cadang

Berita Otomotif

Toyota Hingga Mitsubishi Pindah Tempat di GIIAS 2019 Demi Produk Suku Cadang

JAKARTA – Merek-merek kendaraan penumpang seperti Toyota sampai Mitsubishi merelakan diri tidak menempati slot yang biasa mereka tempati pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 Jakarta. Relokasi dilakukan demi membuat produk-produk suku cadang mendapat lebih banyak pengunjung daripada tahun lalu.

Sejak GIIAS Jakarta dimulai pada 2015 hingga tahun lalu, kendaraan penumpang berkumpul mulai Hall 5 – 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) dengan Toyota serta Honda berada di bagian paling ujung dekat pintu masuk. Adapun Hall 1 – 3A ditempati oleh produk-produk suku cadang.

Mulai GIIAS 2019 Jakarta pada 18 – 28 Juli mendatang, merek-merek kendaraan penumpang bertukar tempat di Hall 1 – 6. Adapun pemain-pemain kendaraan komersial berada di Hall 7 dan 8, sementara produk-produk suku cadang akan menempati Hall 9 – 10.

Agus Riyadi, Project Director Seven Event sebagai organisator GIIAS, menjelaskan relokasi merupakan hasil evaluasi dari GIIAS 2018. Ada masukan dari beberapa peserta dari industri suku cadang soal ketidakmerataan persebaran pengunjung.

“Para pengunjung yang fanatik pada kendaraan penumpang, saat masuk dari Hall 10 sampai ujung di tempat BMW, kemudian menanyakan ada apa lagi di hall-hall selanjutnya. Begitu mereka tahu itu tempat truk, bus, dan suku cadang, mereka balik badan,” papar Agus dalam konferensi pers pertama pameran pada Selasa (26/2/2019) di Jakarta.

Usaha lain yang dilakukan demi membuat produk-produk suku cadang adalah dengan menempatkan shuttle bus dari dan ke GIIAS 2019 di Hall 10. Dengan demikian, mereka yang menggunakan shuttle bus menuju pameran pastinya memulai dari tempat industri pendukung.

“Kalau dengan lay out ini kami berhasil, pda GIIAS – GIIAS berikutnya kami akan menggunakannya lagi,” ujar Romi, Presiden Direktur Seven Event.

Sebagai informasi, GIIAS 2019 menurut catatan sementara diikuti oleh 32 merek mobil plus sepeda motor. Pembagiannya adalah 25 merek mobil serta 7 merek motor.

Masih ada sekitar tiga sampai empat lagi yang sedang dalam proses. Kebanyakan merupakan merek kendaraan komersial.

“Kalau mereka sudah pasti ikut, mungkin kami akan melihat lagi lay out kendaraan komersial untuk memfasilitasi mereka,” tutup Romi yang kemudian menjelaskan harga tiket tetap Rp 50 ribu di hari kerja dan Rp 100 di akhir pekan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support