Merasakan Canggihnya Fitur Semi Otonom di All-New BMW Seri 3

Berita Otomotif

Merasakan Canggihnya Fitur Semi Otonom di All-New BMW Seri 3

JAKARTA - All-New BMW Seri 3 punya fitur semi otonom Reversing Assist yang membuatnya makin canggih dan pintar.

Seri 3 memang berstatus sebagai sedan entry-level atau termurah BMW. Namun, teknologi yang diusungnya makin canggih dan mewah.

Pasalnya, dalam All-New Seri 3 yang akan meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ada fitur-fitur semi otonom yakni Park Assist dan Reversing Assistant. Keduanya pertama kali ada di Seri 3, tapi fitur yang disebutkan belakangan adalah yang paling disorot oleh BMW dalam Media Preview pada Rabu (10/7/2019) di Serpong, Tangerang.

Reversing Assistant sendiri, di Indonesia, sebelumnya cuma ada di BMW X5. Kini, fitur itu diturunkan di Seri 3 generasi ketujuh.

“Ini (Reversing Assistant) adalah fitur yang dihadirkan untuk menjawab kebutuhan akan sebuah teknologi mobil otonom. Memang, belum otonom 100 persen, tapi ini merupakan awal bagi BMW menghadirkan fitur-fitur mobil otonom di model-model kami,” ucap Jodie O’Tania, Director of Communications BMW Group Indonesia dalam acara.

Cara Kerja
Di sela-sela acara preview All-New Seri 3, BMW juga menerangkan cara kerja Reversing Assistant. Tak hanya itu, pabrikan asal Jerman ini pun mempersilakan rekan-rekan media massa, termasuk Mobil123.com, mencicipinya secara langsung.

Reversing Assistant, menurut Gerry Nasution selaku Driving Instructor BMW, dapat membuat mobil berjalan mundur dan menghindari rintangan-rintangan yang ada secara otomatis sejauh 50 meter. Pengemudi hanya perlu bersiaga di pedal rem.

Ini berguna dalam beberapa skenario dalam berkendara. Seperti ketika mobil harus berjalan mundur di jalur alternatif yang sempit dan padat atau di gang-gang berukuran kecil.

Fitur canggih ini sendiri bekerja merekam jalur yang telah dilewati saat mobil melaju maksimal 39 km/jam. Di atas itu, sistem akan menganggap kendaraan melaju di jalur yang cukup leluasa.

Untuk mengaktifkannya, pengemudi tinggal menginjak rem dan memindahkan tuas transmisi ke posisi R. Setelah itu, tinggal menekan tombol fitur Reversing Assisant pada layar.

Ketika pedal rem dilepas, All-New Seri 3 bakal berjalan mundur dengan sendirinya dan meliuk-liuk menghindari rintangan tanpa perlu intervensi pada setir kemudi. Namun, kecepatan mundur mesti dijaga di 5-7 km/jam karena sistem bekerja dengan kepresisian maksimal di kecepatan tersebut.

“Saya menyarankan 5 km/jam karena paling presisi di kecepatan itu. Setelah 50 meter, injak pedal rem karena memori jalur fitur ini sudah habis dan mobil hanya akan berjalan lurus ke belakang,” tutup Gerry. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support