BMW Gandeng Komposer Film Hollywood untuk Buat Suara Mobil Listrik

Berita Otomotif

BMW Gandeng Komposer Film Hollywood untuk Buat Suara Mobil Listrik

MUNICH - BMW meminta bantuan Hans Zimmer, komposer film-film Hollywood, untuk menciptakan suara pada mobil-mobil listrik masa depan mereka.

Zimmer adalah sosok besar di Hollywood. Ia sudah menjadi komposer di banyak film sukses seperti ‘Rain Man’ (1988), ‘The Dark Night’ (2008), ‘Inception’ (2010), dan ‘Interstellar’ (2014).

Pria kelahiran 12 September 1957 ini dikabarkan sedang digandeng oleh BMW. Ada dua tugas Zimmer, yaitu menciptakan suara ketika mobil listrik BMW berjalan dan menciptakan bunyi bagi berbagai sinyal kendaraan.

BMW Vision M Next Concept adalah model pertama yang merasakan ‘tangan dingin’ Zimmer. Mobil ini sendiri sudah menjalani debut global pada Selasa (25/6/2019) kemarin.

Pria berkebangsaan Jerman itu menjadi akan berkontribusi pada apa yang BMW sebut sebagai ‘IconicSounds Electric’. Tidak diketahui apakah seluruhnya bakal dikerjakan olehnya atau tidak.

“Saya selalu menjadi seorang penggemar BMW. Saat kecil, saya mengetahui ibu saya sudah pulang dengan mendengar suara yang keluar dari BMW yang ia kendarai. Karena itulah saya sangat senang mendapat kesempatan mendesain suara mobil listrik masa depan mereka dan menciptakan emosi bagi sensasi berkendaranya,” ucap Zimmer.

Mobil listrik memang menjadi masa depan industri otomotif. Namun, keheningannya dianggap bisa menjadi potensi masalah.

Pasalnya, ada kemungkinan para pejalan kaki tidak dapat mendengar mobil melintas. Apalagi, saat ini banyak distraksi di jalan yang bisa membuat mereka kurang mewaspadai kondisi lalu lintas, salah satunya datang dari smartphone.

Akhirnya, para produsen roda empat pun melakukan riset dan pengembangan demi membuat mobil listrik mereka bersuara. Mercedes-Benz pada akhir 2017 dikabarkan menggandeng Linkin Park dalam penelitian mereka.

Nissan, pada tahun yang sama, memamerkan mobil listrik konsep IMx dengan fitur bernama Canto dalam Tokyo Motor Show 2017. Canto, bahasa latin untuk ‘aku bernyanyi’, adalah bunyi khas yang dikeluarkan IMx ketika berjalan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar