Menteri Perhubungan Berharap Pengusaha Bus Lebih Kreatif di Masa Pandemi

Berita Otomotif

Menteri Perhubungan Berharap Pengusaha Bus Lebih Kreatif di Masa Pandemi

JAKARTA – Kementerian Perhubungan melihat bahwa industri transportasi darat harus lebih kreatif dalam mempromosikan keunggulannya.

Hal ini disampaikan oleh Budi Karya Sumadi, Menteri Pehubungan Republik Indonesia disela-sela peresmian Sumatera Road Show 2021. Menurutnya, industri transportasi darat khususnya bus memiliki keunggulan menarik.

Sebenarnya bus memiliki potensi luar biasa karena relatif terjangkau dan menjangkau titik-titik yang tidak dapat dicapai angkutan lain. Misalkan ke Temanggung yang memang tidak bisa dijangkau kecuali menggunakan bus. Atau Bengkuli yang sebenarnya bisa dijangkau melalui udara namun relatif mahal sehingga bus bisa menjadi alternatif,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan bahwa saat ini pihaknya terus melakukan pengembangan guna meningkatkan industri transportasi darat khususnya bus. Salah satunya adalah dengan membangun lebih banyak terminal di berbagai lokasi.

Menteri Perhubungan Berharap Pengusaha Bus Lebih Kreatif di Masa Pandemi

“Pemerintah terus membangun terminal di berbagai darah. Bahkan Kami sedang membuat terobosan di Yogyakarta dan bandung, dimana terminal tersebut dibuat ada game center sehingga anak-anak muda dapat melakukan kegiatan mereka di sana. Mereka bisa datang dengan bus dan angkot,” ungkapnya.

Sayangnya keunggulan-keunggulan tersebut seakan tenggelam sehingga perlu beragam langkah untuk dapat memajukan industri transportasi darat khususnya bus. Padahal di masa pandemi sekarang ini, untuk memajukan industri perlu upaya yang lebih besar dibandingkan kondisi nomal.

“Di masa pandemi ini, pak Presiden selalu menyampaikan kepada kami para pembantunya untuk keluar dengan ide-ide kreatif. Saya yakin dengan apa yang sedang kita lakukan sekarang akan sangat bermakna bagi bangsa khususnya dunia industri transportasi darat,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Menteri Perhubungan meresmikan sebuah acara Sumatera Road Show 2021 yang dilakukan oleh PO Siliwangi Antar Nusa (PO.SAN) dengan PerpalZ TV. Kegiatan ini berlangsung mulai 15 Maret 2021 hingga 3 April 2021. Perjalanan akan dimulai dari Jakarta langsung menuju Palembang dengan menggunakan jalan tol Jakarta-Merak, menyeberang ke Bakauheni, langsung masuk tol Trans Sumatera menuju Palembang.

Dari Palembang perjalanan akan turun ke Lampung dengan melintasi pesisir barat menuju Bengkulu, lalu ke Jambi, Padang, kemudian naik ke Pekanbaru, dan Kota Medan Sumatera Utara. Roadshow ini akan menempuh total jarak sekitar 6.300 kilometer pergi pulang. Dengan roadshow ini diharapkan bisa mengembalikan industri transpotasi darat di Indonesia, khususnya di pulau Sumatera. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar