Hindari Covid-19, Teknologi Ini Jadi Andalan Perusahaan Transportasi

Berita Otomotif

Hindari Covid-19, Teknologi Ini Jadi Andalan Perusahaan Transportasi

JAKARTA – Guna dapat beroperasi di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), PO. Siliwangi Antar Nusa (PO. SAN) akhirnya melakukan penyesuaian teknologi kendaraannya.

Perusahaan otobus yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun di Indonesia ini telah melengkapi beberapa kendaraannya dengan air purifier. Hal ini disampaikan oleh Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PO.San beberapa waktu lalu.

“Kami telah memasang air purifier secara bertahap di beberapa kendaraan. Tentunya kami berencana untuk memasang di seluruh unit kendaraan untuk memberikan ketengangan berkendara kepada pelanggan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa air purifier yang dipasang tersebut cukup efektif untuk memastikan kondisi dalam kabin kendaraan. Pasalnya, teknologi yang dimiliki oleh air purifier tersebut terbilang cukup canggih.

Bus

“Jadi udara yang ada di dalam kabin itu beputar. Udara tersebut dihisap ke air purifier kemudian disinari dengan sinar UV baru dikeluarkan kembali oleh pendingin udara. Jadi udara yang dikeluarkan dari pendingin udara tersebut sudah bagus kualitasnya,” terangnya.

Menariknya lagi, kondisi udara di dalam kabin pun dapat termonitor dari layar yang dapat dilihat oleh penumpang. Dengan demikian, penumpang bisa lebih yakin bahwa kondisi kabin memang dalam kondisi yang baik.

“Selain itu, setelah selesai melakuka satu pejalanan, bus juga dilakukan disinfektan dengan sistem fogging. Jadi bukan hanya dicuci atau di lap saja, sehingga penumpang diharapkan merasa lebih aman dan nyaman,” tegasnya kemudian.

Lakukan perubahan lebih cepat

Kurnia Lesani Adnan mengakui bahwa pandemi Covid-19 berhasil memaksa perusahaan otobus untuk melakukan perubahan yang lebih cepat. Mulai dari persaingan hingga teknologi kendaraan yang digunakan.

“Kalau dari persaingan, petanya mulai berubah karena kini perusahaan lebih mengutamakan pelayanan, bukan adu harga murah. Selain itu, penggunaan air purifier juga sebenarnya adalah teknologi yang sangat baik, tapi baru digunakan sekarang-sekarang ini. Jadi memang pandemi ini memukul kami, tapi juga membuat kami melakukan perubahan positif,” tegasnya kemudian.

Saat ini PO. SAN memiliki 43 unit bus dengan berbagai rute Sumatera dan Jawa. Hingga saat ini PO. SAN terus bertransformasi mengikuti perkembangan dan tuntutan pasar. Dengan harapan dapat terus memberikan pelayanan terbaik di setiap rute pelayanannya.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar