Mengenaskan, Video Detik-Detik 10 Mobil Mewah Selundupan Dieksekusi Mati

Berita Otomotif

Mengenaskan, Video Detik-Detik 10 Mobil Mewah Selundupan Dieksekusi Mati

MANILA - Sekitar 10 mobil mewah dari berbagai merek harus dihancurkan karena dimasukkan ke Filipina tanpa dokumen lengkap alias selundupan.

Pemerintah Filipina melalui The Bureau of Custom (BOC) atau Bea Cukai setempat memang terkenal tegas dalam menghadapi kasus mobil selundupan kembali melakukan eksekusi. Tidak peduli seberapa mewah, mahal bahkan langka sekalipun, jika terbukti masuk tanpa dokumen jelas atau diselundupkan dan tertangkap pasti langsung dihancurkan.

Baru-baru ini sekitar 10 mobil mewah yang tertangkap kemudian dieksekusi mati menggunakan backhoe. Jika Anda termasuk car enthusiast pengagum mobil-mobil eksotis pastinya akan sedih melihat detik-detik penghancuran ini.

Dari 10 mobil eksotis selundupan yang tertangkap terdapat sebuah Porsche 911 klasik berpendingin udara. Mobil ini cukup langka dan banyak diburu oleh kolektor, masuk dalam golongan mobil termahal yang dihancurkan.

10 Mobil Mewah Selundupan Dieksekusi Mati

Mobil klasik yang juga tergolong langka selanjutnya adalah Alfa Romeo 2000 GTV. Disusul oleh ikon kemewahaan di jamannya Mercedes Benz W109.

Sementara 7 mobil sisanya tergolong baru dan juga tak kalah eksotis. Mulai dari Bentley Continental GT, Toyota Land Cruiser (LC76), Ford F-150 Raptor, Range Rovers termasuk dua van mewah.

Penghancuran kendaraan sendiri dipimpin oleh Komisaris Rey Leonardo B Guerrero serta dihadiri oleh Carlos Dominguez III, Menteri Keuangan Filipina. Dan kebetulan hari eksekusi ini bertepatan dengan hari jadi BOC ke 119.

"BOC bekerja baik pada 2020 dengan terus meningkatkan pendapatan negara yang lebih baik dari perkiraan. Mereka juga memastikan arus keluar masuk barang dengan baik serta melipatgandakan kampanye melawan penyelundupan," kata Carlos.

Namun demikian beberapa respon atau reaksi menentang datang atas penghancuran 10 mobil selundupan ini. Banyak kalangan bertanya, mengapa harus dihancurkan? kenapa tidak dimanfaat untuk kebutuhan negara lainnya?.

Reaksi pertama datang menyayangkan langkah BOC menghancurkan 3 mobil klasik Porche 911, Alfa Romeo 2000 GTV dan Mercedes Benz W109. Seharusnya ketiganya diselamatkan dan disimpan di musium untuk dilestarikan sebagai peninggalan berharga.

Sementara reaksi lainnya, mengapa pemerintah tidak melakukan lelang pada mobil-mobil ini. Dan puluhan juta dollar dana terkumpul dibisa dimanfaatkan untuk membeli vaksin Covid-19 yang saat ini sangat dibutuhkan. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar