Supercar Langka Tertangkap Nyamar Demi Hindari Pajak dan Terancam Hukuman Mati

Berita Otomotif

Supercar Langka Tertangkap Nyamar Demi Hindari Pajak dan Terancam Hukuman Mati

MANILA - McLaren 620R tertangkap masuk Filipina dengan cara ilegal untuk hindari pajak dan terancam “hukuman mati” alias dihancurkan.

Hal ini terjadi di pelabuhan Manila Filipina. Satu unit McLaren 620R coba dimasukkan ke negera tersebut dengan cara melanggar hukum, pemalsuan identitas.

McLaren 620R yang dibanderol $ 672.080 atau sekitar Rp 9.7 miliar ini masuk Filipina pada 16 Juli 2020. Untuk masuk ke Filipina secara resmi, supercar langka ini harus membayar bea masuk dan pajak tambahan sekitar separuh harga belinya yakni sebesar Rp 5 miliar.

Namun supercar yang merupakan versi legal jalan raya dari mobil balap McLaren 570S GT4 ini dinyatakan sebagai Porsche Cayman oleh sang importir. Hal ini dilakukannya tentu dengan tujuan menghindari pajak.

Si penerima barang juga melakukan kecurangan lain. Yakni langsung menyatakan bea masuk dan pajak hanya $ 30.550 atau sekitar Rp 430 jutaan, nilai ini kira-kira hanya 10 persen dari biaya yang harus dibayar seperti hitungan di atas.

Supercar Langka Tertangkap Nyamar Demi Hindari Pajak dan Terancam Hukuman Mati
Atas kejadian ini, Michael Angelo Vargas petugas Port of Manila District Collector atau Biro Pabean Filipina langsung menerbitkan surat perintah penyitaan serta penahan pengiriman. Dan kemungkinan akan mendapat hukuman berat karena melanggar undang-undang mengenai tarif dari Bea Cukai Filipina.

Sampai berita ini diturunkan belum ada keputusan hukuman dari McLaren 620R yang masuk ke Filipina dengan mengemplang pajak cukup besar ini. Namun bisa jadi supercar langka ini harus menghadapi hukuman mati alias dihancurkan.

Seperti kita ketahui, Rodrigo Duterte, Presiden Filipina sangat tegas menghukum mobil-mobil selundupan atau yang masuk ke negaranya dengan segudang masalah alias dengan cara-cara ilegal. Duterte dalam beberapa tahun terakhir telah merilis banyak mobil impor ilegal sedang dihancurkan, tidak perduli mobil tersebut langka dan eksotis. 

Mobil-mobil yang telah dihancurkan tersebut buatan Ferrari, Lamborghini, Porsche, BMW dan Jaguar hingga Chevrolet Corvette serta Nissan Skyline. Dan bisa jadi “terpidana mati” berikutnya adalah McLaren 620R yang baru tertangkap ini. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar