Mazda-Toyota Resmi Satukan Kekuatan, Bentuk Perusahaan Bersama

Berita Otomotif

Mazda-Toyota Resmi Satukan Kekuatan, Bentuk Perusahaan Bersama

HIROSHIMA – Mazda mengumumkan pembentukan joint venture, atau perusahaan bersama, dengan Toyota di Amerika Serikat. Perusahaan ini bakal mengoperasikan pabrik di Huntsville, Alabama yang akan merakit mobil-mobil kedua merek pada 2021.

Perusahaan bersama tersebut, seperti dijelaskan Mazda Motor Corporation (MMC) dalam situs resmi mereka bernama Mazda Toyota Manufacturing, USA, Inc. (MTMUS). Presiden perusahaan patungan tersebut berasal dari Mazda yaitu Masashi Aihara, sementara Toyota memegang jabatan Wakil Presiden Eksekutif melalui Hironori Kagohashi.

Untuk mendirikan pabrik Alabama, Mazda maupun Toyota menggelontorkan 1,6 miliar dollar AS atau setara Rp 22,05 triliun dengan pembagian seimbang. Konstruksi pabrik rencananya dimulai pada 2019 dan dijadwalkan rampung pada 2021.

Fasilitas perakitan Mazda-Toyota di Alabama kelak mempekerjakan sekitar 4.000 orang. Kapasitas produksi terpasang nantinya 300 ribu unit per tahun, dibagi rata untuk dua merek.

Tiga tahun dari sekarang, Mazda bakal menggunakan pabrik untuk merakit sebuah crossover baru untuk pasar otomotif ‘Negeri Paman Sam’. Toyota, di sisi lain, akan memakainya untuk membuat sedan Corolla.

Sebagai efeknya, pabrik Toyota di Kanada pada 2021 bakal berhenti membuat Corolla dan akan lebih fokus pada sport utility vehicle (SUV).

Aihara mengatakan, pabrik bersama milik Mazda plus Toyota akan mengombinasikan tak hanya teknologi, tetapi juga kultur keduanya. Adapun Kagohashi menjelaskan calon basis produksi kesebelas Toyota di AS itu tak hanya menyimbolkan komitmen berkelanjutan mereka di negara tersebut, tapi juga menjadi kunci meningkatkan kompetitivitas bisnis mereka.

“Pabrik ini membawa pengetahuan dari aktivitas manufaktur Toyota serta Mazda dan menciptakan sinergi pada perusahaan bersama. Sebagai efeknya, perusahaan akan lebih kompetitif dan mampu menyediakan kendaraan dengan kualitas tinggi pada konsumen,” tukasnya.

Kolaborasi produksi plus rantai pasok komponen antara keduanya sendiri terjadi pasca pembelian 5 persen saham MMC pada Agustus 2017. Di saat yang sama, Mazda pun mengakuisisi 0,25 persen saham Toyota. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual