Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mazda-Toyota Resmi Satukan Kekuatan, Bentuk Perusahaan Bersama

Berita Otomotif

Mazda-Toyota Resmi Satukan Kekuatan, Bentuk Perusahaan Bersama

HIROSHIMA – Mazda mengumumkan pembentukan joint venture, atau perusahaan bersama, dengan Toyota di Amerika Serikat. Perusahaan ini bakal mengoperasikan pabrik di Huntsville, Alabama yang akan merakit mobil-mobil kedua merek pada 2021.

Perusahaan bersama tersebut, seperti dijelaskan Mazda Motor Corporation (MMC) dalam situs resmi mereka bernama Mazda Toyota Manufacturing, USA, Inc. (MTMUS). Presiden perusahaan patungan tersebut berasal dari Mazda yaitu Masashi Aihara, sementara Toyota memegang jabatan Wakil Presiden Eksekutif melalui Hironori Kagohashi.

Untuk mendirikan pabrik Alabama, Mazda maupun Toyota menggelontorkan 1,6 miliar dollar AS atau setara Rp 22,05 triliun dengan pembagian seimbang. Konstruksi pabrik rencananya dimulai pada 2019 dan dijadwalkan rampung pada 2021.

Fasilitas perakitan Mazda-Toyota di Alabama kelak mempekerjakan sekitar 4.000 orang. Kapasitas produksi terpasang nantinya 300 ribu unit per tahun, dibagi rata untuk dua merek.

Tiga tahun dari sekarang, Mazda bakal menggunakan pabrik untuk merakit sebuah crossover baru untuk pasar otomotif ‘Negeri Paman Sam’. Toyota, di sisi lain, akan memakainya untuk membuat sedan Corolla.

Sebagai efeknya, pabrik Toyota di Kanada pada 2021 bakal berhenti membuat Corolla dan akan lebih fokus pada sport utility vehicle (SUV).

Aihara mengatakan, pabrik bersama milik Mazda plus Toyota akan mengombinasikan tak hanya teknologi, tetapi juga kultur keduanya. Adapun Kagohashi menjelaskan calon basis produksi kesebelas Toyota di AS itu tak hanya menyimbolkan komitmen berkelanjutan mereka di negara tersebut, tapi juga menjadi kunci meningkatkan kompetitivitas bisnis mereka.

“Pabrik ini membawa pengetahuan dari aktivitas manufaktur Toyota serta Mazda dan menciptakan sinergi pada perusahaan bersama. Sebagai efeknya, perusahaan akan lebih kompetitif dan mampu menyediakan kendaraan dengan kualitas tinggi pada konsumen,” tukasnya.

Kolaborasi produksi plus rantai pasok komponen antara keduanya sendiri terjadi pasca pembelian 5 persen saham MMC pada Agustus 2017. Di saat yang sama, Mazda pun mengakuisisi 0,25 persen saham Toyota. (Xan/Ari)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang