Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Luhut: Elon Musk Pertimbangkan Tawaran Bikin Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Mobil Listrik

Luhut: Elon Musk Pertimbangkan Tawaran Bikin Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

DENPASAR – Menurut Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Chief Executive Officer (CEO) Tesla Elon Musk mengaku akan memikirkan potensi membangun pabrik baterai mobil listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia.

Pernyataan dari Musk tersebut, kata Luhut seperti dilaporkan Reuters pada awal pekan ini, muncul usai bertemu Presiden Joko Widodo di sela-sela World Water Forum 2024 yang berlangsung di Bali pada 18-25 Mei mendatang.

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah menawarkan kepada Musk untuk mendirikan pabrik baterai untuk model-model Tesla di Tanah Air. Sayangnya, salah satu orang terkaya di dunia itu tidak memberikan waktu wawancara untuk mengonfirmasi keterangan dari Luhut.

Elon Musk

“Kami membuat penawaran, apakah mungkin untuk membangun pabrik baterai mobil listrik di sini, precursor katoda. Dia (Musk) bakal mempertimbangkannya,” jelas Luhut.

Elon Musk hadir di World Water Forum 2024 atas undangan dari Pemerintah Indonesia. Di tengah-tengah aktivitasnya di ‘Pulau Dewata’, Musk pun meluncurkan secara resmi layanan internet berbasis satelit Starlink.

Luhut menyebut kalau Musk juga mempertimbangkan berinvestasi untuk membangun Pusat Kecerdasan Artifisial (Artificial Intelligence/AI Center) di Asia Tenggara plus launchpad (tempat peluncuran roket) bagi SpaceX di Pulau Biak, Papua, Indonesia.

Pendekatan pemerintah Indonesia kepada Tesla sudah bukan rahasia lagi. Beberapa tahun belakangan, pemerintah terus berupaya menjalin komunikasi langsung dengan Musk sebagai pendiri pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat itu agar menanamkan modal di Indonesia.

Jokowi dan Elon Musk

Tak hanya Luhut yang datang menemui dan merayu Musk. Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, bahkan sampai menyambangi Musk di sela-sela kunjungan kerjanya di ‘Negeri Paman Sam’ pada Mei 2022.

Kendati demikian, hingga kini Musk masih belum ‘menggerakkan’ Tesla untuk berinvestasi di Bumi Pertiwi. Tesla malah dikabarkan berinvestasi membangun kantor resmi, Tesla Experience Center, Service Center di Malaysia.

Tak hanya itu, Tesla dikabarkan pula sedang dalam pembicaraan dengan Pemerintah Thailand untuk mendirikan pabrik di sana. Pabrik Tesla di ‘Negeri Gajah Putih’, jika jadi, konon bakal memproduksi mobil listrik atau komponen baterainya. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang