Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Duit Rp45 Juta, Mending Beli Yamaha Nmax Turbo Baru atau Xmax Bekas?

Panduan Pembeli

Duit Rp45 Juta, Mending Beli Yamaha Nmax Turbo Baru atau Xmax Bekas?

Nmax baru telah meluncur pada Rabu (12/6/2024) kemarin, harga varian tertingginya telah menembus angka Rp45 juta. Dengan harga segitu jika melihat pada pasar motor bekas bisa mendapatkan motor matik dengan cc yang lebih besar yaitu Yamaha XMax 250.

Ketika mempertimbangkan antara membeli Yamaha NMax baru atau Yamaha XMax 250 bekas dengan bujet sekitar Rp45 juta, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan seperti spesifikasi, mesin, dimensi, dan fitur. Berikut adalah komparasi dari kedua pilihan tersebut:

1. Dimensi dan Desain

Dimensi

Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate

Xmax 250 gen 1

Panjang

1.935 mm

2,185 mm

Lebar

740 mm

775 mm

Tinggi

1.200 mm

1,465 mm

Jarak sumbu roda

1.340 mm

1,540 mm

Ground Clearance

135 mm

135 mm

Tinggi Jok

770 mm

795 mm

Berat

135 kg

179 kg

Dimensi

Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate memiliki dimensi yang lebih kompak dengan panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm. Bobotnya lebih ringan dengan 135 kg, membuatnya lebih mudah untuk dikendalikan, terutama di perkotaan. Tinggi joknya 770 mm, lebih rendah dibanding XMax 250, sehingga lebih ramah bagi pengendara dengan postur tubuh lebih pendek.

Yamaha XMax 250 Gen 1 lebih besar dan berat dengan panjang 2.185 mm, lebar 775 mm, dan tinggi 1.465 mm. Beratnya mencapai 179 kg, memberikan kesan lebih kokoh dan stabil, terutama saat digunakan untuk touring. Tinggi joknya 795 mm, yang bisa menjadi tantangan bagi pengendara dengan tinggi badan kurang dari 170 cm.

Desain

Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate desain khas MAXi Yamaha yang modern, tegas, dan elegan. Lampu depan dan belakang menggunakan Dual Projector LED, memberikan pencahayaan optimal dan tampilan mewah. Desainnya lebih ramping dan aerodinamis dibandingkan dengan XMax, cocok untuk penggunaan di perkotaan dan perjalanan jarak pendek.

Yamaha XMax 250 Gen 1 skutik bongsor dengan desain garang dan khas Eropa. Desain ini menonjolkan postur besar dan kokoh, memberikan kesan kuat dan sporty. Cocok untuk pengendara yang mencari skuter dengan tampilan maskulin dan performa touring.

2. Mesin dan Performa

Mesin

Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate

Xmax 250 gen 1

Mesin

155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT

249 cc,Single cylinder, liquid-cooled, 4-stroke, SOHC

Tenaga

15,36 ps / 8000 rpm

22,9 ps / 7000 rpm

Torsi

14.2 Nm / 6500 rpm

24,3Nm / 5500 rpm

Jumlah Silinder

Satu silinder

Satu silinder

Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate menggunakan mesin 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT. Mesin ini menghasilkan tenaga 15,36 ps pada 8000 rpm dan torsi 14.2 Nm pada 6500 rpm. Teknologi YECVT (Yamaha Electric CVT) memberikan sensasi berkendara yang halus dan efisien, cocok untuk penggunaan harian di perkotaan.

Yamaha XMax 250 Gen 1 ditenagai oleh mesin 249cc, single cylinder, liquid-cooled, 4-stroke, SOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 22,9 ps pada 7000 rpm dan torsi 24,3 Nm pada 5500 rpm. Performa mesin yang lebih besar ini memberikan akselerasi dan tenaga yang lebih kuat, ideal untuk perjalanan jarak jauh dan touring.

Dari sisi performa karena XMax 250 menggunakan mesin yang lebih besar maka dari sisi performa lebih baik dibanding NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate.

Buat komparasi mengenai fitur, harga dan pilihan warna dari Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate dengan Xmax 250 gen 1, dengan informasi dibawah ini

3. Fitur

 

Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate

Xmax 250 gen 1

Fitur

TFT Navigation Display, Turbo Riding Mode, Dual Channel ABS, Traction Control System, Performance Damper, Electric Power Outlet, Multi Infotainment Display With Y-Connect, Big Luggage (25 Litre), Stop & Start System, Rear Sub-Tank Suspension, Smart Key System

ABS, TCS, Electronic Power Socket, Keyless, bagasi muat helm full face dan dilengkapi lampu LED, dan engine cut ON/OFF.

Dari tabel di atas, Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate lebih unggul dari sisi fitur karena memiliki lebih banyak fitur canggih seperti TFT Navigation Display, Turbo Riding Mode, dan Multi Infotainment Display With Y-Connect, yang memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara sehari-hari.

Sedangkan Yamaha XMax 250 gen 1 hanya tersedia fitur-fitur dasar seperti ABS, TCS, dan bagasi besar dengan lampu LED, cocok untuk pengendara yang mencari skuter dengan kapasitas mesin lebih besar dan fitur yang cukup untuk perjalanan jauh.

4. Harga dan Warna

 

Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate

Xmax 250 gen 1

Harga

Rp45,250 juta (Baru)

Rp42 juta - Rp45 juta (Bekas tahun 2017)

Warna

Magma Black

Putih, Hitam, Kuning, Merah

Dari sisi harga sebenarnya tidak bisa dibandingkan secara apple to apple karena Nmax "Turbo" Tech MAX Ultimate dibanderol dengan harga baru sedangkan XMax 250 gen 1 dengan kondisi bekas.

Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate hanya satu pilihan warna, yaitu Magma Black, yang memberikan tampilan elegan dan modern. Sedangkan XMax 250 lebih banyak pilihan warna, termasuk putih, hitam, kuning, dan merah, memberikan lebih banyak opsi bagi pengendara untuk mengekspresikan gaya pribadi mereka.

Kelebihan dan Kekurangan XMax 250 Gen 1

Sebelum membeli sebaiknya Anda mengetahui tentang Kelebihan dan kekurangan dari Skuter gambot ini

Kelebihan Xmax 250 gen 1

Desain dan Konstruksi Eropa

Posisi setang tinggi dan jok lebar memberikan kenyamanan berkendara jarak jauh.
Windshield menghalau angin, meningkatkan kenyamanan saat touring. Dua pijakan kaki memungkinkan pengendara selonjoran, ideal untuk perjalanan panjang.

Fitur Motor Sport

Dilengkapi starter elektrik khas motor sport dengan engine cut ON/OFF di stang sebelah kanan.

Suspensi dan Jok

Suspensi dan keempukan jok lebih baik dibandingkan dengan NMax, memberikan kenyamanan lebih di berbagai kondisi jalan. Getaran mesin lebih minimal, sehingga berkendara lebih halus.

Bagasi Besar

Bagasi besar yang mampu menampung hingga 2 helm full face ukuran XL. Dilengkapi lampu LED untuk kemudahan akses bagasi di malam hari.

Kekurangan Xmax 250 Gen 1

Jok Lebar dan Posisi Duduk Tinggi

Desain jok yang lebar menyulitkan pengendara dengan tinggi badan di bawah 168 cm untuk menapak dengan baik.Penumpang juga mengalami kesulitan karena pijakan belakang yang tinggi dan jok yang lebar, mengharuskan posisi duduk yang lebih mengangkang.

Bodi Gambot

Dimensi bodi yang besar menyulitkan manuver di tengah kemacetan, tidak ideal untuk komuter sehari-hari.Lebih cocok untuk digunakan sebagai motor touring dibandingkan untuk berkendara di kota yang padat.

Harga Nmax Terbaru 2024

Sebagai informasi tambahan Yamaha Indonesia menghadirkan lima varian Yamaha NMax 155, dengan harga On The Road Jakarta sebagai berikut:

  • Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate Rp45.250 juta
  • Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Rp43,250 juta
  • Yamaha NMax "Turbo" Rp37,750 juta
  • Yamaha NMax Neo S VersionRp33,7 juta
  • Yamaha NMax Neo Version Rp32,7 juta

Kesimpulan

Jika Anda menginginkan skuter dengan fitur modern, ringan, dan efisien untuk penggunaan sehari-hari di kota, Yamaha NMax Turbo Tech MAX Ultimate adalah pilihan yang tepat.
Jika Anda lebih sering melakukan perjalanan jauh dan membutuhkan tenaga mesin yang lebih besar serta kapasitas bagasi yang luas, maka Yamaha XMax 250 bekas lebih sesuai.
Pilihan akhir tentu tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan berkendara Anda.

[Ryn/YS]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang