Lakukan 5 Hal ini Pasca Mudik Lebaran

Panduan Pembeli

Lakukan 5 Hal ini Pasca Mudik Lebaran

JAKARTA - Setelah perjalanan panjang seperti melakukan mudik lebaran, ada baiknya Anda melakukan beberapa pengecekan pada mobil Anda.

Mudik lebaran sudah usai. Anda semua pastinya sudah kembali beraktivitas seperti sedia kala. Tidak hanya itu, mobil Anda tentu memiliki jadwal kerja yang kurang lebih tak berbeda dengan pemiliknya.

Dalam kurun waktu lebih kurang 10 hari, aktivitas mudik yang dilakukan tentunya menempuh hingga ribuan kilometer. Tak hanya itu, Anda juga harus memperhitungkan waktu kerja mobil khususnya mesin selama perjalanan. Karena tidak hanya saat jalanan lancar, saat terjebak di titik-titik kemacetan, mesin tetap bekerja dan menopang beberapa perangkat seperti kerja alternator untuk kelistrikan serta kompresor agar AC terus bekerja.

Oleh karenanya, pasca perjalanan mudik, Anda disarankan untuk melakukan pengecekan mobil Anda. Sambangi bengkel langganan Anda dan perhatikan bagian mana saja yang harus segera dicek agar kondisi mobil terus prima.

1. Lakukan Tune Up
Tune up adalah pemeriksaan yang biasa Anda lakukan secara rutin. Pada proses ini kondisi komponen-komponen vital pada mesin akan terdeteksi kondisinya.

Untuk menjamin kondisi tetap prima, Anda bisa mengganti beberapa fast moving part. Ini artinya mulai dari mengganti filter oli berikut oli, filter BBM, filter udara hingga busi.

catatan, jika Anda melewati jalur pantura, perhatikan kondisi filter udara. Karena menurut catatan perjalanan mudik 2017, kondisi jalan Toll fungsional yang dibuka khusus perjalanan mudik memiliki kondisi sangat berdebu.

2. Periksa Rem
Dengan kondisi jalan yang beragam, bisa dipastikan rem bekerja dalam kondisi maksimal. Untuk memastikan rem tetap berfungsi optimal ada baiknya segera dilakukan pengecekan.

Bagian-bagian rem yang harus dicek meliputi brake pad dan cek minyak rem. Berikut dengan kinerja rem secara keseluruhan.

3. Periksa Radiator
Seperti kita ketahui, radiator berfungsi dalam menjaga suhu normal mesin. Pemeriksaan yang dilakukan setelah perjalanan jauh sejatinya sama dengan pemeriksaan rutin.

Periksa apakah terjadi kebocoran halus, mengganti air hingga pengurasan. Pengurasan air radiator baiknya dilakukan setiap mobil telah menempuh perjalanan lebih kurang 10 ribu km.

4. Periksa Kaki-Kaki Mobil
Setelah melewati jalan dengan kondisi beragam, ada baiknya memeriksakan kondisi kaki-kaki mobil di bengkel langganan Anda. Ada beberapa bagian yang sebaiknya diperiksa seperti bearing, tie rod, long tie rod dan ball joint.

Tak ketinggalan Anda juga bisa sekaligus melakukan pengecekan ban. Pada kondisi ini mungkin Anda bisa sekaligus melakukan spooring dan balancing agar kondisi mobil kembali sempurna.

5. Cuci Mobil
Dan jika semua pemeriksaan telah dilakukan, ada baiknya disempurnakan dengan mencuci mobil kesayangan Anda. Dengan ini tentunya kebersihan ekterior, interior, bagian kolong hingga ruang mesin akan selalu terjaga dan mobil akan kembali nyaman untuk penggunaan sehari-hari. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual