Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Panduan Pembeli

Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

JAKARTA – Agar terlihat terawat, banyak orang yang mencuci mobilnya hingga keruang mesin. Padahal, ruang mesin ternyata justru lebih aman bila tidak dicuci.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Eksekutif Layanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosadi. Hal ini dikarenakan bagian mesin banyak bagian kelistrikan yang cukup berbahaya bila sampai terkena air.

“Mencuci ruang mesin sebaiknya tidak dilakukan apalagi bila menggunakan air bertekanan tinggi. Karena meski kami sudah lapisi dengan anti air, tapi lapisan tersebut hanya untuk air yang cipratan ringan, bukan air bertekanan. Jadi kalau mau membersihkan ruang mesin, sebaiknya cukup dengan mengelapnya saja dengan menggunakan kain basah,” ungkapnya.

Ia pun mengatakan bahwa ruang mesin sebenarnya tidak perlu dicuci sama sekali. Hal ini karena kotoran yang menempel biasanya hanya berupa debu dan tidak membahayakan bagi mesin itu sendiri.

“Kalau tidak pernah membersihkan malah tidak apa-apa. Karena ruang mesin itu memang sebaiknya dipegang oleh orang yang memang sudah terbiasa. Saya pun termasuk orang yang enggan untuk membuka kap mesin karena sebaiknya itu dilakukan di bengkel,” tambahnya.

Lain ruang mesin, lain pula dengan kolong mobil. Untuk kolong mobil, air bertekanan justru terbilang lebih aman untuk digunakan. Hal ini karena kolong mobil sudah didesain agar lebih tahan terhadap terpaan air dibanding ruang mesin.

“Kalau kolong itu bisa dibersihkan dengan menggunakan air bertekanan karena kolong sudah didesain dan dilapisi dengan anti air. Tapi kalaupun tidak dibersihkan pun tidak masalah. Dampaknya ya hanya kotor saja, tidak membuat komponen rusak meski tidak dibersihkan,” terangnya. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang