Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Panduan Pembeli

Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

JAKARTA – Agar terlihat terawat, banyak orang yang mencuci mobilnya hingga keruang mesin. Padahal, ruang mesin ternyata justru lebih aman bila tidak dicuci.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Eksekutif Layanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosadi. Hal ini dikarenakan bagian mesin banyak bagian kelistrikan yang cukup berbahaya bila sampai terkena air.

“Mencuci ruang mesin sebaiknya tidak dilakukan apalagi bila menggunakan air bertekanan tinggi. Karena meski kami sudah lapisi dengan anti air, tapi lapisan tersebut hanya untuk air yang cipratan ringan, bukan air bertekanan. Jadi kalau mau membersihkan ruang mesin, sebaiknya cukup dengan mengelapnya saja dengan menggunakan kain basah,” ungkapnya.

Ia pun mengatakan bahwa ruang mesin sebenarnya tidak perlu dicuci sama sekali. Hal ini karena kotoran yang menempel biasanya hanya berupa debu dan tidak membahayakan bagi mesin itu sendiri.

“Kalau tidak pernah membersihkan malah tidak apa-apa. Karena ruang mesin itu memang sebaiknya dipegang oleh orang yang memang sudah terbiasa. Saya pun termasuk orang yang enggan untuk membuka kap mesin karena sebaiknya itu dilakukan di bengkel,” tambahnya.

Lain ruang mesin, lain pula dengan kolong mobil. Untuk kolong mobil, air bertekanan justru terbilang lebih aman untuk digunakan. Hal ini karena kolong mobil sudah didesain agar lebih tahan terhadap terpaan air dibanding ruang mesin.

“Kalau kolong itu bisa dibersihkan dengan menggunakan air bertekanan karena kolong sudah didesain dan dilapisi dengan anti air. Tapi kalaupun tidak dibersihkan pun tidak masalah. Dampaknya ya hanya kotor saja, tidak membuat komponen rusak meski tidak dibersihkan,” terangnya. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual