KTM Bakal Contek Suzuki di MotoGP

Berita Otomotif

KTM Bakal Contek Suzuki di MotoGP

MATTIGHOFEN – KTM memasang target juara dunia setelah kehilangan hak konsesi karena telah berhasil balapan pada MotoGP 2020.

Menjalani balapan di MotoGP, KTM memang masih belum memiliki banyak pengalaman seperti brand-brand asal Jepang seperti Honda, Suzuki maupun Yamaha. Namun brand asal Austria ini melakukan progress yang cukup mengesankan di ajang balap motor paling populer di dunia yaitu MotoGP.

KTM meraih beberapa hasil positif di MotoGP 2020 yakni kemenangan. Secara total, mereka meraih tiga kemenangan di musim ini. Pencapaian KTM di MotoGP 2020 tidak hanya membuat mereka kehilangan hak konsesi, namun meningkatkan target untuk tahun depan.

Brand yang memiliki reputasi cukup baik di berbagai kejuaraan kelas dunia setidaknya telah memenangkan 314 juara dunia. Namun brand ini belum pernah merasakan manisnya gelar juara dunia MotoGP dan hal inilah yang akan dikejar oleh mereka musim depan.

“Kami hadir di sini (MotoGP) tidak hanya untuk meramaikan lintasan balap saja. Tapi kami memiliki kesabaran yang diperlukan. Kami membutuhkan waktu tujuh atau delapan tahun untuk meraih kemenangan pertama di ajang reli dakar dan supercross AS. Kami tidak akan menyerah sampai bisa memenangkan titel di MotoGP,” ucap Stefan Pierer, CEO KTM seperti dikutip Speedweek.com.
KTM Bakal Contek Suzuki di MotoGP
Untuk bisa meraih impiannya, KTM berkaca dari Suzuki yang baru saja meraih gelar juara dunia melalui Joan Mir. Suzuki membutuhkan waktu 20 tahun untuk bisa kembali menjadi juara dunia MotoGP. Dengan mengandalkan mesin V4, Suzuki mendapatkan kemenangan pada 2016 melalui Maverick Vinales kala itu.

Sekadar informasi, Suzuki mengirimkan mesin GSX-RR mereka untuk paruh kedua musim 2016 ke Pankl Racing di Styria. Mereka ingin meningkatkan kemampuan mesin motornya di sana. Saat itu, Pankl Racing merupakan perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh KTM.

Sebelum memasuki musim 2020, Pierer memberikan ultimatum pada empat pembalapnya yakni Pol Espargaro, Brad Binder, Miguel Oliveira dan Iker Lecuona untuk bisa meraih hasil lebih baik dari musim sebelumnya. Hasilnya sesuai ekspektasi, karena beberapa pembalapnya sukses meraih podium bahkan ada beberapa mereka yang meraih kemenangan.

Bermodalkan catatan manis Suzuki di MotoGP 2020, KTM bersiap untuk bisa meraih catatan positif yang lebih baik lagi yakni juara dunia MotoGP. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar